get app
inews
Aa Read Next : WHO Umumkan Varian Baru Covid-19 Bernama Kraken, Sudah Masuk RI?

Apakah Deltacron Sudah Masuk Indonesia? Berikut Keterangan Kemenkes

Sabtu, 12 Maret 2022 | 19:12 WIB
header img
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI, dr Siti Nadia Tarmizi (Foto: Dok Kemenkes RI)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - WHO baru saja mengumumkan munculnya varian baru deltacron. Dilansir dari Times of India, varian baru covid-19 tersebut merupakan kombinasi dari varian delta dan omicron. Varian ini terdeteksi di beberapa negara Eropa yakni Prancis, Belanda, dan Denmark.

Lalu, apakah varian deltacron ini sudah masuk ke Indonesia? Berikut penjelasan pihak Kementerian Kesehatan RI.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi M.Epid mengatakan varian deltacron yang ditemukan WHO, tidak terdeteksi di Indonesia. Sampai saat ini tidak ada laporan terkait kasus varian terbaru ini.

"Kemudian mengenai deltacron dari data yang ada saat ini belum dilaporkan," ujar dr Siti Nadia dalam webinar Trijaya FM, Sabtu (12/3/2022).

Ia menerangkan varian-varian covid-19 memungkinkan terus bermunculan. Hal ini pun menjadi kewaspadaan bagi Indonesia.

Menurut dr Siti Nadia, varian deltacron juga berpotensi dapat meningkatkan lonjakan kasus covid-19. Maka itu, capaian vaksinasi menjadi hal penting dalam mengendalikan covid-19.

Bukan hanya vaksin primer lengkap (dosis 1 dan 2), tetapi juga vaksin booster (dosis 3) menjadi penting jika ingin menyudahi pandemi covid-19.

"Ini akan menjadi kewaspadaan terkait varian baru. Kita tahu akan berpotensi untuk terjadinya peningkatan kasus, makanya bukan hanya vaksin primer yang kita kerjar tapi vaksin booster juga menjadi PR bila kita inginkan selesaikan pandemi ini," pungkasnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut