get app
inews
Aa Read Next : Dampingi Puan, Mbak Ita Sambut Baik Kerja Sama Pendidikan Indonesia dan Korsel

Ketegangan Meningkat, Korut Segera Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua

Senin, 14 Maret 2022 | 14:18 WIB
header img
Penampakan salah satu rudal Korut yang diujicobakan pada 2021. (Foto: Reuters)

SEOUL, iNewsSemarang.id - Ketegangan di semenanjung Korea telah meningkat di tengah tanda-tanda yang berkembang bahwa Pyongyang akan segera menindaklanjuti ancamannya untuk memulai kembali pengujian rudal balistik antarbenua (ICBM).

Pengujian ICBM oleh Korea Utara (Korut) diyakini bakal dilakukan aling cepat pada Senin (14/3/2022) ini. Hal itu terungkap lewat laporan media lokal Korea Selatan, dengan mengutip seorang narasumber di lingkungan Kantor Kepresidenan di Seoul, hari ini.

Tindakan Korut itu dianggap Barat sebagai pelanggaran terhadap moratorium 2017 yang diberlakukannya sendiri.

Kantor Presiden Korsel Moon Jae In—yang akan habis masa jabatannya—telah memberi tahu presiden terpilih Yoon Suk Yeol bahwa peluncuran uji coba rudal Korut sudah dekat. Menurutnya, tidak akan mengejutkan jika uji coba senjata itu terjadi pada Senin ini, demikian laporan surat kabar Chosun Ilbo.

Komentar tentang kemungkinan uji coba rudal Korut itu disampaikan ketika penasihat keamanan nasional Korsel, Suh Hoon, pada Sabtu (12/3/2022) memberi tahu Yoon tentang berbagai kebijakan luar negeri dan masalah keamanan di Korsel.

“(Uji coba rudal) ini sangat dekat sehingga tidak mengherankan jika mereka (Korut) melakukannya pada Senin. Kami menanggapi situasi ini dengan serius,” kata laporan surat kabar itu mengutip Suh.

Juru bicara Kantor Presiden Moon mengatakan, Suh telah memberi penjelasan kepada Yoon tentang gerakan Korut baru-baru ini, termasuk peluncuran rudal belakangan ini dan juga tentang krisis Ukraina. Namun, jubir kantor itu menolak mengomentari berita Chosun Ilbo.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut