get app
inews
Aa Read Next : Megawati Dianugerahi Gelar Doktor Honoris Causa dari UTAR Malaysia

Heboh! Netizen Malaysia Sebut Sumpit Haram bagi Umat Islam

Rabu, 16 Maret 2022 | 14:15 WIB
header img

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Selain menggunakan sendok, makan dengan sumpit sudah lazim dilakukan oleh kebanyakan orang. Apalagi jika menu yang disantap seperti mie ayam, ramen maupun menu ala chinese atau Jepang.

Namun apa jadinya jika penggunaan sumpit dibilang haram? Kejadian ini terjadi di negara jiran Malaysia. Sontak saja kabar tentang sumpit haram ini langsung viral di media sosial.

Adalah Adam Corrie, seorang aktor asal Malaysia keturunan Tionghoa, mendapatkan komentar miring dari salah satu pengikutnya di Facebook.

Saat itu, Adam sedang menyantap hidangan chinese food, dimana peralatan makan yang disediakan adalah sumpit dan sendok untuk sup.

Ketika Adam sedang menikmati hidangan tersebut, salah satu netizen mengatakan bahwa alat makan yang dipakainya adalah haram. Yakni yang tak lain adalah sumpit.

Hal ini membuat Adam sedikit keheranan, dan bertanya-tanya apa hubungannya sumpit dengan agama. Padahal yang selama ini ia ketahui, bahwa sumpit adalah alat makan yang sudah umum digunakan. Tanpa dikhususkan bagi agama, suku atau ras tertentu.

Sementara itu, Adam sendiri adalah seorang muslim. Kejadian ini tidak terbayangkan oleh dirinya, karena selama ini ia makan menggunakan peralatan apapun, asal lazim, tidak pernah mendapatkan komentar negatif. Apalagi sampai ada yang mengharamkan sumpit.

"Bila nak makan baca doa tu bagus. Tapi yang tak elok 1 perkara, makan dengan kayu sepit hukum tak boleh haram. Kita sebagai orang Islam tak boleh buat macam tu. Maafkan saya atas teguran ini," kata netizen tersebut.

Akan tetapi dalam menyikapi komentar miringnya itu, Adam tidaklah tersinggung. Bahkan, dia dengan sopan menanggapi orang tersebut dan meyakinkannya bahwa sebagai seorang Muslim Tionghoa, dia telah merujuk pada pendapat & saran dari beberapa Ustaz bertahun-tahun sebelumnya.

Kemudian netizen lainnya yang melihat komentar tersebut, langsung menyerang balik. Bahwasannya penggunaan sumpit diperbolehkan, karena sama seperti peralatan lainnya seperti garpu, sendok dan pisau. Untuk itu, tidak ada hubungannya dengan iman dan agama.

"Tuan ni baru main facebook ka?” kata Sha****.

“Hahaha mazhab mane ko ikot bodo tu biar bertempat,” tulis Fa****.

“Hukum mana yang kata haram?” kata Ma****.

“Maaf bang lain kali kalau takda ilmu jangan cakap sebarangan bang,” terang Muh*****.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut