get app
inews
Aa Read Next : Menangkan Capres-Cawapres 5 Kali Beruntun, Denny JA Raih The Legend Award dari Leprid

Lima Gaji Presiden Terendah di Dunia, Presiden China Xi Jinping Juga Termasuk

Kamis, 31 Maret 2022 | 09:10 WIB
header img
Presiden China, Xi Jinping (Foto: MNC Media)

JAKARTAiNewsSemarang.id - Lima deretan gaji presiden terendah di Dunia ini merupakan fenomena yang aneh. Sebab banyak yang berpendapat bila pemimpin suatu negara atau presiden memiliki gaji tinggi.

Pasalnya, tugas dan tanggung jawab yang mereka emban sangatlah berat. Waktu, tenaga dan pikiran mereka terkuras untuk memikirkan kepentingan seluruh warga di negaranya masing-masing.

Namun kelima presiden ini diketahui mendapatkan gaji terendah di dunia, dua diantaranya berada di negara Afrika. Lalu siapa saja gaji presiden terendah di dunia? Simak penjelasannya.

5. Pranab Mukherjee - Presiden India

Dengan masalah segudang serta salah satu negara dengan jumlah miliarder terbanyak tidak membuat Pranab Mukherjee mendapatkan gaji besar. Presiden yang dilantik sejak Juli 2012 ini masuk dalam daftar gaji presiden terendah di Dunia. 

Dalam setahun, Mukherjee mendapatkan gaji USD28.800 atau sekitar Rp413 juta dengan kurs Rp14.340 per dolar. Dengan kata lain, ia pun hanya mendapatkan gaji sekitar Rp34,4 juta perbulan.

Gaji itu dinilai lebih rendah dibandingkan dengan pejabat sebuah perusahaan pun.  Meski demikian, ia tinggal di bangunan mewah yakni Rashtrapathi Bhavan, sebuah gedung besar dengan 340 kamar.

Dia juga punya 200 staf untuk merawat gedungnya.

4. Xi Jinping - Presiden China

Sebagai negara dengan ekonomi besar dan menciptakan banyak milyader tak membuat Presiden China mendapatkan gaji besar. Buktinya Xi Jinping hanya mendapatkan gaji USD22.300 atau sekitar Rp319 juta per tahun.

Nilai itu pun sudah mengalami kenaikan 62 persen belakangan ini. Sekalipun demikian ia mendapatkan beberapa fasilitas mewah. 

3. Beji Caid Essebsi - Presiden Tunisia

Sekalipun Tunisia sebagai negara dengan ekonomi cukup dibandingkan beberapa negara Afrika lainnya. Namun tak menjamin Beji Caid Essebsi sebagai Presiden Tunisia sejak Desember 2014 memiliki gaji besar.

Kondisi jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya, Moncef Marzouki yang memutuskan memangkas 2/3 gajinya di 2014. Marzouki akhirnya hanya mendapatkan gaji USD12.000 dari bayaran kotor USD19.000.

Dia berpendapat bahwa negara harus menjadi contoh untuk menangani memburuknya situasi keuangan negara. Dengan demikian, Gaji bulan Presiden Tunisia sekitar USD1.350.

Sekarang, gaji Presiden Tunisia yang dijabat Beji sekitar USD1.350 per bulan atau USD16.000 per tahun, setara dengan Rp229 juta.

2. Micky Sal - Presiden Senegal

Sebagai Presiden Senegal, Macky Sall yang telah menjabat sejak April 2012 memiliki Gaji bulanannya mencapai USD1.300, lebih tinggi dibanding dua Presiden terdahulunya yakni Abdou Diouf dan Abdoulaye Wade yang hanya mendapatkan USD867. Pria 53 tahun ini tumbuh dari keluarga miskin.

Dia menjadi Perdana Menteri sejak 2004 hingga 2007, dan dia juga pernah menjabat sebagai Walikota Fatick selama dua periode. Fatick adalah kampung halaman Sall.

Dalam setahun, Sall mendapatkan bayaran USD15.600 atau setara Rp223 juta.

1. Jose Mujica - Presiden Uruguay

Sosok gaji presiden terendah di dunia yaitu Jose Mujica hanya mengantongi USD 15.000 atau sekitar Rp215 kuta per tahun. Meski demikian, Mujica adalah seorang yang dermawan.

Sebab gaji dari gaji sebenarnya adalah USD144 ribu atau sekitar Rp1,9 miliar, tapi dia mendonasikan 90 persen dari gajinya itu untuk disumbangkan. Dia juga adalah presiden paling dermawan di dunia.

Ayahnya yang sederhana menjadikan Mujica berbeda dari pemimpin negara lainnya. Mujica juga dikenal sebagai Presiden paling miskin di dunia, dia tidak punya rekening bank hanya memiliki utang yang sangat sedikit.

Itulah gaji presiden terendah di dunia yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dan menambah wawasan Anda.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut