get app
inews
Aa Read Next : Banjir Rusak 10 Bangunan di Bantaran Sungai BKT Semarang, Ini Rinciannya

Pansus DPRD Kota Semarang Kebut Pembahasan Raperda Keamanan Pangan

Jum'at, 01 April 2022 | 16:28 WIB
header img
Ketua Pansus DPRD Kota Semarang, Fajar Rinawan memimpin rapat pembahasan Raperda keamanan pangan. (Foto: Akhmad Nur Shofi/iNewsSemarang.id)

SEMARANGiNewsSemarang.id - Panitia khusus (Pansus) DPRD Kota Semarang, Jum'at (1/4/2022) menggelar rapat dengar pendapat membahas materi Raperda tentang keamanan pangan di Ruang Serbaguna 3 DPRD Kota Semarang. Tujuan adanya Perda ini, nantinya kelompok UMKM bisa dengan mudah memproduksi dan memasarkan produk-produknya.

Ketua Pansus DPRD Kota Semarang, Fajar Rinawan mengatakan, Raperda ini nantinya akan mengatur tata pengelolaan dari bahan tumbuhan, pangan segar asal hewan, dari ikan dan pakan olahan.

"Sesuai dengan PP 86 sebagai turunannya tahun 2019 terkait dengan keamanan pangan," terangnya.

Fajar menambahkan, dari bahan maupun pangan siap saji itu yang akan diatur terkait dengan keamanan pangannya.

"Apakah bahan pakanannya itu tercemar, apakah bahan pakanannya kadaluarsa atau ada unsur-unsur apa yang mengakibatkan terkait dengan kesehatan, terus terkait dengan labelnya juga," imbuhnya.

Rapat pembahasan Raperda keamanan pangan pagi itu terpaksa diskors, sebab bersamaan dengan waktu ibadah sholat Jum'at. Pembahasan Raperda ini akan dilanjutkan kembali di hari berikutnya.

Menurut Fajar, Pansus sendiri akan melakukan rapat dengar pendapat umum (public hearing) dengan mengundang stakeholder terkait raperda keamanan pangan seperti pelaku usaha, akademisi, tokoh-tokoh masyarakat serta lembaga-lembaga yang terkait dengan keamanan pangan.

"Nanti setelah public hearing, kira-kira ada ngga masukan-masukan yang nantinya bisa kita akomodir," ujar Fajar.

Rapat pembahasan Raperda keamanan pangan ini dipimpin langsung oleh Ketua Pansus, Fajar Rinawan S, dan dihadiri perwakilan dari Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan, serta Dinas Pertanian Kota Semarang.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut