Penguatan Zona Integritas Menuju WBBM, Kakanwil: Pelayanan Optimal Jadi Tanggung Jawab Bersama

Hal senada juga disampaikan oleh Kabag TU dan Umum, Toni Sugiarto. Ia menyampaikan bahwa pembenahan ini mencakup aspek teknis maupun substansial yang semuanya berorientasi pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat.
“Agenda hari ini tidak hanya mendengarkan masukan, tetapi juga menjadi komitmen kita bersama untuk bergerak cepat. Evaluasi ini adalah kesempatan untuk memperbaiki diri,” ujar Toni.
Dalam penutup arahannya, Heni kembali menegaskan bahwa pelayanan publik yang baik harus menjadi budaya kerja, bukan sekadar kewajiban administratif. Ia menekankan pentingnya komunikasi, sinergi, dan kebersamaan antarpegawai dalam menjaga kualitas pelayanan.
“Kita tidak bekerja untuk menyenangkan atasan, tapi untuk menunaikan tanggung jawab kita sebagai pelayan publik. Kalau kita sudah menerima hak, maka kita harus menjalankan kewajiban dengan sebaik-baiknya,” tutup Heni.
Dengan semangat pembenahan dan kolaborasi yang kuat, Kanwil Kemenkum Jawa Tengah menatap penilaian Zona Integritas sebagai bagian dari perjalanan membangun birokrasi yang bersih, transparan, dan benar-benar melayani masyarakat.
Editor : Arni Sulistiyowati