Logo Network
Network

Subhanallah, Gadis 14 Tahun Penghafal Qur’an Lolos SNMPTN Termuda UNAIR

Ali Masduki
.
Selasa, 05 April 2022 | 13:27 WIB
Subhanallah, Gadis 14 Tahun Penghafal Qur’an Lolos SNMPTN Termuda UNAIR
Ratu Sakinatul Aqila, penghafal qur'an menjadi mahasiswa termuda Unair. (Foto: ist)

SURABAYA, iNewsSemarang.id – Ratu Sakinatul Aqila, penghafal Al-Qur’an 15 Juz ini lolos dalam  jalur SNMPTN 2022 dan diterima di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Gadis kelahiran Gresik, 15 Juli 2007 tersebut juga menjadi mahasiswa termuda pada program studi S1 Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNAIR, jika dihitung maka usianya sekarang baru 14 tahun 8 bulan.

Ratu yang sejak kecil telah menghafal Al quran ini sering mendapatkan penghargaan mengikuti lomba-lomba tahfidz, selain tahfidz Quran gadis ini juga pernah menyabet Juara 2 Bahasa Arab Kompetisi Bahasa Arab Nasional Tahun 2021 se-Kabupaten Gresik.

“Selain mengejar akademik, aku lebih fokus mengejar hafalanku. Karena aku percaya dengan prinsip yang mamaku tekankan sejak kecil, ‘kejarlah akhiratmu, maka dunia akan mengikuti’,” ujarnya belum lama ini.

Sejak sekolah, Ratu telah mengikuti program akselerasi sejak menginjak jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Setelah lulus dari MTs Unggulan Amanatul Ummah Surabaya, Ratu kembali mengambil program akselerasi di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. 

Sebagai anak akselerasi, dirinya  mengaku ia memiliki ambisi besar perihal nilai akademik. Setiap harinya Ratu selalu menghabiskan waktu mempelajari setengah hingga satu bab baru, pun tidak pernah tertinggal tugas-tugas sekolah ia kerjakan. Bahkan, biasanya Ratu begadang hingga tengah malam.

“Kalau liat tugas yang bejibun, terus selesai rasanya kayak abis menang lotre. Kalau tugasnya banyak banget, aku pasti bikin self reward setelah ngerjainnya,” tuturnya.

Dengan tantangan itu terkadang dirinya hampir menyerah. Namun, memiliki teman yang juga berambisi dan lingkungan akselerasi yang penuh semangat membuat Ratu kembali termotivasi untuk tidak tertinggal.

Berencana Ikuti BEM hingga Lulus Lebih Cepat

Mengikuti akselerasi sejak SMP, Ratu mengharapkan dirinya juga dapat lulus lebih cepat ketika menempuh studi S1 Ilmu Politik. Ia juga berharap dapat bergabung bersama dengan BEM, sambil menuntaskan hafalan Al qurannya.

“Aku ingin membanggakan Indonesia di kancah Internasional dan bermanfaat bagi semua orang,” tuturnya.

Ratu berpesan pada para pejuang UTBK untuk terus yakin dalam berproses. Selain itu, ia juga mengingatkan untuk terus berjuang dan berdoa.

“Usaha tidak akan mengkhianati hasil, semangat!” tuturnya.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Bagikan Artikel Ini