Logo Network
Network

Banting Setir Usaha Keripik Karena Travelnya Dihajar Pandemi, Wanita Jepara ini Malah Sukses

Ahmad Antoni
.
Kamis, 28 April 2022 | 07:07 WIB
Banting Setir Usaha Keripik Karena Travelnya Dihajar Pandemi, Wanita Jepara ini Malah Sukses
Sumarni sedang menggoreng keripik pisang di dapur rumahnya yang dimaksimalkan untuk proses produksi keripik pisang yang diproyeksikan bisa menjadi oleh-oleh khas Jepara. (IST)

JEPARA, iNewsSemarang.id - Kisah inspiratif datang dari Sumarni, warga Jepara ini banting setir menjadi pengusaha keripik pisang, usahanya semula telah berhenti karena dihajar pandemi. Kini usaha keripiknya mengantarkan wanita paruh baya kembali sukses. 

Sumarni sebelumnya adalah pemilik perusahaan travel yang melayani umrah ke Tanah Suci. Saat Covid-19 menerjang Indonesia pada Maret 2020, secara perlahan usaha travelnya juga meredup, hingga akhirnya benar-benar mandek. 

Dia pun mulai membongkar tabungan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Selama Covid-19, tren bersepeda menggeliat hingga ke kawasan kampung di desa-desa. Ani-panggilan akrab Sumarni- yang hobi memasak ini juga kerap mengisi waktu luang dengan bersepeda bersama teman-temannya. 

Saat bersepeda itu lah, naluri usahanya tergugah saat melihat pisang usuk yang memang banyak tertanam di lahan pekarangan warga Jepara. Dia lantas membeli pisang yang hampir mirip pisang nangka raja itu. Lalu pisang itu diolahnya hingga menjadi keripik pisang.

"Saya minta teman-teman komunitas sepeda untuk mencicipi. Dan menurut mereka rasanya enak. Saya pilih usaha ini karena rumah juga dekat dengan pasar buah Ngabul, jadi tidak bakal kekurangan bahan baku," katanya, Rabu (27/4/2022). 

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini