get app
inews
Aa Read Next : Dinkes Jateng Catat 2000 Kasus DBD Sepanjang Januari-Februari, Tertinggi di Jepara

Banting Setir Usaha Keripik Karena Travelnya Dihajar Pandemi, Wanita Jepara ini Malah Sukses

Kamis, 28 April 2022 | 07:07 WIB
header img
Sumarni sedang menggoreng keripik pisang di dapur rumahnya yang dimaksimalkan untuk proses produksi keripik pisang yang diproyeksikan bisa menjadi oleh-oleh khas Jepara. (IST)

Ani memasarkan keripik pisang buatannya dengan merk dagang Banana Ichipps. Marketing lewat medsos ternyata efektif. Meski Banana Ichipps belum benar-benar diluncurkan, namun sudah banyak pesanan yang diterimanya. Baik dari kawasan Pulau Jawa, Sumatra hingga Kalimantan. Ada juga dari Singapura.  Ia juga mulai percaya diri menitipkan keripik pisangnya di pasar swalayan dan sejumlah toko oleh-oleh di Jepara.

"Saya menjaga kualitas Banana Ichipps. Gula yang dipakai dari stevia leaf. Gula rendah kalori, non kolesterol. Minyak goreng juga tidak dipakai berulang-ulang," jelasnya.

Bulan suci Ramadhan tahun ini menjadi berkah tersendiri baginya. Sebab dia mendapat banyak order. Untuk memenuhi permintaan itu, tiap kali produksi ia membutuhkan dua hingga tiga tandan pisang. Sekali produksi, dia bisa menghasilkan hingga 10 kilogram keripik pisang.

 "Itu produksi maksimal. Kita produksi dua hari sekali karena tenaganya memang terbatas," katanya. Menurutnya, untuk bantuan modal dan pemasaran memang belum bisa diaksesnya.  Namun dia banyak dibantu pemerintah Kecamatan Tahunan dan sejumlah dinas untuk pengurusan perizinan, PIRT dan lainnya. 

Dia juga dibantu oleh Ketua Komisi C DPRD Jepara Nur Hidayat. Bantuan pribadi Nur Hidayat yang diterimanya itu berupa mesin pemotong pisang, penggoreng dan peniris yang harganya mencapai jutaan rupiah. 

"Saya berterima kasih sekali atas bantuan ini. Sebab ini menyemangati untuk bangkit lagi setelah usaha kita terkena dampak pandemi," ujarnya. 

Sementara itu, anggota DPRD Jepara Nur Hidayat mengatakan saat ini, para pelaku UMKM sudah mulai kembali beraktivitas setelah dua tahun tiarap. Menurutnya momentum semangat bangkit itu harus terus dijaga.  

Wakil rakyat dari Fraksi NasDem ini menegaskan pihaknya akan selalu mendukung kreativitas masyarakat terlebih UMKM dan industri rumahan lainnya agar bisa bangkit lagi. Dukungan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan UMKM. Untuk keripik pisang Banana Ichipps, Nur Hidayat  membantu peralatan produksi. Dia berharap bantuan mesin dan peralatan itu mampu meningkatkan produktivitas dan juga kualitas produknya

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut