get app
inews
Aa Read Next : Tempat Wisata di Jogja yang Buka Saat Libur Lebaran

5 Tempat Wisata di Semarang Ini Cocok untuk Libur Lebaran

Selasa, 03 Mei 2022 | 20:36 WIB
header img
Kawasan Kota Lama Semarang. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsSemrarang.id – Rekomendasi tempat wisata di Semarang yang cocok dikunjungi saat libur Lebaran 2022. Untuk mengisi waktu libur lebaran, Semarang bisa menjadi pilihan karena di Kota Loenpia ini tersedia banyak destinasi wisata untuk dikunjungi bareng keluarga.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini rekomendasi tempat wisata di Semarang, cocok untuk merayakan Idul Fitri.

1. Kota Lama
Kota Lama Semarang merupakan salah satu ikon wisata di Kota Semarang, Jawa Tengah. Tempat wisata yang dijuluki Little Netherlands ini menyuguhkan bangunan-bangunan bergaya arsitektur Eropa tahun 1700-an.

Pada awalnya, kawasan Kota Lama Semarang ini merupakan bagian dari benteng Vijhoek seluas 31 hektar yang mengelilingi kompleks tempat tinggal Belanda sebagai bentuk pertahanan. Lalu setelah Indonesia merdeka, kawasan Kota Lama ini menjadi salah satu Cagar Budaya terluas di Semarang.

Di kawasan ini, terdapat banyak ikon-ikon Kota Semarang yang terkenal seperti Gereja Blenduk, pabrik rokok, stasiun dan lain sebagainya yang tentunya masih bergaya khas bangunan Eropa masa lalu.

Lokasi Kota Lama Semarang berada di Kecamatan Semarang Utara, tepatnya Tepi Sungai Mberok di wilayah Tanjung Mas Kota Semarang. Lokasinya strategis, bisa ditempuh dari kawasan pusat kota Simpang Lima ke arah Stasiun Kereta Api Tawang dengan jarak tempuh sekitar 4 km atau 5-10 menit dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Kamu bisa juga menyewa kereta kuda dari arah Simpang Lima ke Kota Lama sambil menikmati suasana kota Loenpia.

2. Desa Wisata Lerep

Desa Wisata Lerep masuk dalam daftar wisata unggulan yang disiapkan pemerintah Kabupaten Semarang dalam menghadapi musim libur lebaran tahun 2022.

Berada di lereng Gunung Ungaran, Desa Wisata Lerep menyuguhkan suasana pegunungan dengan udara sejuk serta pemandangan yang memanjakan mata. Di sini wisatawan dapat mencoba berbagai jenis wisata, mulai dari wisata Edu-Ecotour, wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner yang mengusung tema jajanan tempo dulu.

Lokasi menuju Desa Wisata Lerep cukup strategis. Pengunjung dari luar kota dari exit tol Ungaran menuju ke lokasi sekitar 6 km atau dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

3. Dusun Semilir
Dusun Semilir merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang populer di Semarang. Lokasi berada di Kecamatan Ngempe, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Beberapa wahana yang dimiliki Dusun Semilir diantaranya adalah Alun Eropa, Alas Tirta, dan Banyu Biru. Tak hanya puas berfoto di spot-spot uniknya saja, Dusun Semilir juga sangat cocok untuk wisata edukasi bagi anak. Seperti mengenalkan pada anak berbagai satwa, bangunan serta keunikan di setiap sudut Dusun Semilir Eco Park.

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini adalah 20 ribu rupiah pada hari kerja dan 25 ribu rupiah pada akhir pekan. Sedangkan untuk jam operasional bukanya dari jam 9 pagi sampai 8 malam waktu setempat.

4. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park ini berdiri atas lahan seluas 12 hektar dan merupakan taman hiburan terbesar di Jawa Tengah. Taman hiburan ini terbilang unik karena mengusung konsep berdasarkan legenda rakyat Baru Klinting.

Saloka Theme Park terbagi dalam lima zona permainan, yakni zona Pesisir, zona Balalantar, zona Kamayayi, zona Ararya, dan zona Segara Prada. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan Baru Klinthing serta berbagai kuliner.

Lokasinya berada di Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Pengunjung dari luar kota, dari exit tol Salatiga sekitar 15 km atau dengan waktu tempuh sekitar 20-30 menit.

5. Taman Bunga Celosia
Taman Bunga Celosia berada di lereng kaki Gunung Ungaran, Bandungan, Kabupaten Semarang. Tempat wisata ini dibangun dengan konsep taman bunga kekinian, yang dilengkapi dengan berbagai wahana permainan.

Selain itu, terdapat juga spot foto seperti Little Italia, Little Korea, Dermaga Putih, Taman Bunga, Marine Park, Little Eropa, Little Japan dan masih banyak spot lainnya. Harga tiket masuknya adalah Rp 20.000 untuk hari biasa dan Rp 25.000 khusu untuk weekend. Inilah rekomendasi tempat wisata di Semarang yang cocok untuk merayakan Idul Fitri.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut