get app
inews
Aa Read Next : 66 Finalis dari 33 Kabupaten/Kota Ikuti Pemilihan Mas Mbak Jawa Tengah 2024

Buka Kejuaraan Catur Open Nasional Kepala Disporapar Ungkapkan Kesedihan

Minggu, 12 Juni 2022 | 13:22 WIB
header img
Peserta lokal Kejuaraan Catur Open Nasional Percasi Kendal hanya 30% membuat Kepala Disporapar sedih dan prihatin.(iNews/Agus Riyadi)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Sebuah ungkapan kesedihan disampaikan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal, Ircham Chalid saat membuka Kejuaraan Catur Open Nasional Percasi Kendal ke III di Carsentro Patebon, Minggu (12/6). Dia yang datang mewakili Bupati Kendal mengaku sedih di tengah membludaknya peserta kejurnas kali ini.

Peserta Kejurnas Catur membludak hingga melebihi dari target yang ditetapkan pihak panitia penyelenggara. Peserta yang berjumlah ratusan tersebut 70% datang dari luar kota. Sedangkan dari lokal Kendal hanya berjumlah 30%.

"Jumlah pecatur lokal sangat menyedihkan. Kita perlu tingkatkan lagi jumlah atlit-atlit yang di daerah agar bisa muncul lebih banyak lagi pecatur-pecatur yang diharapkan bisa meraih prestasi," kata Ircham.

Namun dibalik kesedihannya, dia juga mengaku senang dengan banyaknya jumlah peserta dari luar daerah. Menurutnya hal ini menunjukkan keberhasilan dari panitia penyelenggara dalam mensosialisasikan kegiatan ini ke masyarakat luas. Dengan ini pula, pihaknya juga memiliki kesempatan untuk mempromosikan berbagai pariwisata yang ada di Kabupaten Kendal.

Ircham juga mengatakan, dengan kegiatan yang digelar ini pihaknya merasa terbantu dalam melakukan pembinaan terhadap atlit-atlit. Apalagi akan menghadapi ajang Porprov Jateng yang memiliki target 10 besar. "Kita terbantukan karena atlit-atlit kita bisa berlatih diajang ini dengan bervariatif bersama atlit-atlit yang datang dari luar kota," ungkapnya.

Dia juga mengaku bangga dengan banyaknya master-master catur yang lahir di Kendal. Bahkan ada satu grand master internasional asal Kendal yang pernah meraih prestasi tingkat internasional di kejuaraan tingkat SMP sedunia yang digelar di Yunani pada 2007 silam.

"Harapannya para grand master ini bisa menularkan ilmunya kepada yuniornya di Kendal agar bisa meraih prestasi seperti para seniornya," bebernya.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut