Kasus ACT, Ketua Baznas RI Singgung Lembaga Tersebut Bukan Amil Zakat

Moh. Miftahul Arief
Pelantikan Baznas kota Semarang. Foto: ist

SEMARANG. iNewsSemarang.id - Ketua Baznas Republik Indonesia Prof Dr H Noor Ahmad MA menyebut menyinggung bahwa pada kasus ACT (Aksi Cepat Tanggap) adalah bukan amil zakat, namun lembaga sosial kemanusiaan.

Hal ini ia tegaskan dalam pelantikan pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang Periode 2022-2027, Sabtu (16/7/2022).

“Saya tegaskan disini, akhir-akhir ini berkembang kasus ACT (Aksi Cepat Tanggap) dan ACT bukan lembaga amil zakat melainkan lembaga sosial kemanusiaan di bawah menteri sosial dan izinnya baru saja dicabut. Untuk itu kami mengajak semua elemen masyarakat untuk tidak ragu berzakat di Baznas karena terjamin dan lembaga ini diaudit,  baik audit syariah maupun audit independen,” tegas Noor Ahmad.

Dirinya juga menjelaskan dalam pengelolaan dana Baznas pihaknya menggunakan asas aman syar’i yang artinya sesuai ketentuan syariat Islam. 

“Selain aman syar’i, kemudian aman regulasi artinya sesuai ketentuan perundangan yang berlaku, aman NKRI artinya dana zakat dari Baznas bukan untuk membiayai kelompok teroris atau kelompok separatis yang hendak memberontak kepada negara,” tandas Ketua Yayasan Wahid Hasyim Semarang itu.

Menurut Noor Ahmad, Pimpinan Baznas Kota Semarang periode ini merupakan pilihan Baznas RI dan merupakan orang-orang pilihan yang diharapkan agar selalu seiring sejalan dengan Wali Kota. “Bisa diibaratkan, ketika membantu masyarakat, Wali Kota menggunakan APBD di tangan kanan dan anggaran Baznas di tangan kirinya atau sebaliknya,” tegas Noor Ahmad lagi.

Wajah baru dan lama

Sementara dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melantik beberapa personel pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang Periode 2022-2027, mereka adalah Ketua H Arnaz Agung Andrarasmara SE MM. Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Drs H Labib MM. Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan  Hj Afifah SPd, Wakil Ketua III Bagian Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan H Nur Fuad SAg dan Wakil Ketua IV Bagian Administrasi, SDM dan Umum Hj Aminah SPdI. 

Editor : Miftahul Arief

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network