5 Orang Terkaya Indonesia Berkat Bisnis Batubara, dari Garibaldi Thohir hingga Kiki Barki

Rizki Setyo Nugroho/NET Semarang
ilustrasi pertambangan batubara. Foto Ist

Beberapa orang terkaya Indonesia berkat menjalankan bisnis batubara. Tambang batubara memang dikenal menjadi ladang bisnis yang sangat menjanjikan. Keuntungan dari bisnis ini bisa berlipat, dan bisa membuat orang menjadi kaya mendadak.

Sektor batubara sendiri sempat laris di pertengahan tahun 2000 di mana harga batubara melambung tinggi di pasar dunia. Bahkan, Indonesia menjadi negara pengekspor batubara yang cukup besar setelah Australia.

Batubara ini menjadi sebuah emas hitam dan sumber dari kekayaan beberapa orang. Nah, siapa saja orang terkaya Indonesia berkat batubara tersebut?

Orang Terkaya Indonesia Berkat Bisnis Batubara

1.  Garibaldi Thohir

Garibaldi Thohir adalah kakak dari Menteri BUMN, Erick Thohir. Ia sudah memiliki bakat bisnis dari ayahnya, Muhammad Teddy, yang merupakan salah satu dari pendiri Astra.

Ia merupakan CEO dari perusahaan energi Adaro Energi yang bergerak di sektor batubara. Berkat perusahaannya dan ketekunan di sektor batubara inilah, Garibaldi Thohir tercatat sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes tahun 2021 lalu di urutan ke-17.

2.  Theodore Rachmat

Theodore Permadi Rachmat dikenal sebagai salah satu pengusaha yang cukup senior di industri tambang batubara. Ia berada di posisi ke-15 dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Ia diketahui mengalami kenaikan jumlah kekayaan di tahun 2022 dari USD1,7 miliar atau Rp24,62 triliun menjadi USD3,3 miliar atau sekitar Rp47,78 triliun.

Editor : Sulhanudin Attar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network