Ancaman Krisis Pangan Global, Jokowi: Stok Pangan Indonesia Mencukupi

Arie Dwi Satrio
Presiden Jokowi. Foto: tangkapan layar video

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Presiden Jokowi berkomitmen mencukupi pangan masyarakat Indonesia di tengah ncaman krisis global yang terjadi. Jokowi menegaskan akan terus meningkatkan produksi pertanian secara nasional.

"Pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan produksi pertanian nasional di tengah ancaman krisis global. Sekaligus memberikan kontribusi bagi kecukupan pangan dunia," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Minggu (12/8).

Jokowi menambahkan, Pemerintah telah membangun infrastruktur untuk mendukung bidang pertanian seperti bendungan, embung, hingga jaringan irigasi.

"Selain pembangunan infrastruktur, pemerintah juga memanfaatkan varietas padi unggul, melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi sehingga Indonesia dapat mencapai swasembada beras yang surplus selama tiga tahun terakhir," tambahnya.

Berkat itu, Indonesia berhasil menerima penghargaan dari International Rice Research Institute (IRRI) atau lembaga penelitian padi internasional atas keberhasilan Indonesia dalam mencapai swasembada beras.

"Menurut data dari Badan Pusat Statistik, stok beras Indonesia pada bulan April 2022 menjadi yang tertinggi, yaitu 10,2 juta ton. Sehingga kita berhasil mendapat sertifikat bahwa Indonesia memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan sudah swasembada pangan," terangnya.

Meski demikian, Presiden berharap para petani tidak hanya memproduksi komoditas pertanian yang dikonsumsi masyarakat, tetapi juga komoditas pertanian yang masuk pasar ekspor.

"Diversifikasi pangan hati-hati. Kita tidak hanya tergantung pada beras tetapi harus kita mulai untuk jenis-jenis bahan pangan yang lainnya," pungkasnya.

(Mg-Awal)

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network