5 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Assyifa Nurul Aini/NET Semarang

5 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Teks eksposisi memiliki tujuan untuk memberitahukan informasi secara jelas kepada pembaca sehingga tidak terjadi perbedaan penerimaan kepada setiap pembaca. Dengan kata lain, untuk meminimalisir perbedaan penerimaan informasi yang ada.

Jika kamu masih bingung, yuk simak contohnya di bawah ini

Contoh 1

[Tesis]

Saat ini, kenakalan remaja menjadi salah satu permasalahan nasional di negeri kita. Kenakalan remaja itu sendiri diartikan sebagai perilaku yang menyimpang dan termasuk dalam permasalahan yang melibatkan hukum. Para ahli pendidikan berpendapat bahwa kenakalan remaja dilakukan oleh orang yang merasa sudah dewasa, namun kenyataannya mereka masih anak-anak yang berusia 13-18 tahun.

[Argumentasi]

Ada banyak faktor pendukung yang remaja bertindak buruk, seperti memiliki masalah dalam lingkungan keluarga, atau akibat bergaul dengan teman sebaya yang bermasalah juga. Kenakalan remaja tersebut dapat berbentuk tawuran, merokok, memakai narkoba, dan seks bebas. Usia remaja merupakan usia bagi seseorang dalam mencari jati dirinya dan masih belum stabil sehingga belum mampu memilah mana yang baik dan buruk. Dalam usia remaja, seseorang seharusnya tumbuh dengan pendidikan yang baik, dan didampingi oleh orang tua yang bijak.

[Penegasan Ulang]

Oleh karena itu, kenakalan remaja harus diatasi dan dicegah. Perkembangan remaja harus diarahkan ke arah yang positif dan didampingi oleh orang tua, termasuk pendidikan yang positif dan memadai. Dengan melakukan cara tersebut, tidak menutup kemungkinan bahwa masalah kenakalan remaja akan dapat teratasi secara perlahan.

Contoh 2

[Tesis]

Kebersihan lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor penting untuk menciptakan suasana yang nyaman di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah tentu mengajarkan seluruh siswa dan siswi agar menjaga kebersihan.

Tidak jarang sekolah mengikuti lomba kebersihan untuk menarik minat siswa dan siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, misalnya seperti membuang sampah pada tempatnya, menyapu ruang kelas, dan membersihkan papan tulis.

[Argumentasi]

Di ruang kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan, petugas piket biasanya melakukan tugas untuk menyapu, menghapus papan tulis, dan membersihkan meja guru.

Pada hari jumat semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan halaman sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Ini menjadi salah satu manfaat untuk membuat hubungan antara murid dan murid maupun guru dan murid semakin akrab.

[Penegasan Ulang]

Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting dalam meraih proses belajar mengajar dengan suasana yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya, sehingga kebersihan adalah usaha manusia membuat lingkungan tetap sehat dan terawat.

Editor : Sulhanudin Attar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network