Raden Arya Wiralodra, Bupati Indramayu Pertama yang Ramalkan Daerahnya Makmur Berkat Minyak

Sunu Hastoro
Prasasti Arya Wiralodra, pendiri Kabupaten Indramayu di Jawa Barat. Foto : IST/direktoriparwisata

Raden Bagus Aria Wiralodra, menurut sejarawan adalah bupati Indramayu pertama di ProvinsiJawa Barat.Ia juga pendiri kabupaten yang ada di pesisir pantai utara (pantura), yang dulu bernama Darma Ayu. Sekitar tahun 1500-an masehi, Bagus Aria Wiralodra meramalkan kelak Indramayu akan makmur berkat minyak.

Dalam Babad Dermayu, konon Raden Bagus Aria Wiralodra dikenal sakti mandraguna . Hingga kini namanya masih melekat dengan sejarah pendiri Indramayu. Areal makamnya berada di Desa Sindang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu.

Disebutkan bahwa Raden Aria Wiralodra merupakan putra dari Tumenggung Gagak Singalodra yang berasal dari wilayah Banyurip, Bagelen, Jawa Tengah. Jadi Abdi Dalem Sejak muda, dia memiliki ilmu olah kanuragan, kesaktian serta rajin tirakat atau semedi di berbagai lokasi.

Tirakat yang dijalani Raden Aria Wiralodra tak sia-sia, dengan memperoleh wangsit yang akan mengubah jalan hidupnya. Ketika bersemedi di lereng Gunung Sumbing, konon dia mendapat sebuah wangsit yang akhirnya dijalaninya. Wangsit itu berbunyi:

“Wiralodra, apabila engkau ingin berbahagia berketurunan di kemudian hari carilah lembah Sungai Cimanuk. Manakala telah tiba di sana berhentilah dan tebanglah belukar secukupnya untuk mendirikan pedukuhan dan menetaplah disana, kelak tempat itu akan menjadi subur makmur serta tujuh turunanmu akan memerintah di sana”.

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network