Raden Arya Wiralodra, Bupati Indramayu Pertama yang Ramalkan Daerahnya Makmur Berkat Minyak

Sunu Hastoro
Prasasti Arya Wiralodra, pendiri Kabupaten Indramayu di Jawa Barat. Foto : IST/direktoriparwisata

Saat akan ditolong oleh Wiralodra, Nyi Endang Darma menolak dan berpesan agar namanya dipakai untuk memberi nama padukukan di pinggir Sungai Cimanuk itu. Selanjutnya untuk mengenang sosok Nyi Endang Darma maka pedukuhan itu diberi nama Darma Ayu yang dalam perkembangan selanjutnya menjadi Indramayu. Berdirinya Pedukuhan Darma Ayu berdasarkan sejumlah penelitian diperkirakan terjadi pada 1527.

Saat memimpin pedukuhan yang berkembang jadi Indramayu, Wiralodra meramalkan bahwa wilayahnya akan makmur sejahtera dengan adanya sumur kejayaan yang mengalir deras. Dikaitkan dengan saat ini, maka kemungkinan besar yang dimaksud sumur kejayaan adalah sumur dan kilang minyak yang ada di Balongan, Indramayu yang membawa kemakmuran.

Ramalan yang tertulis dalam prasasti Aria Wiralodra seperti dikutip dari laman indramayu.kab.go.id berbunyi: “Nanging benjang Allah nyukani, karahmatan kang linuwih, harja tan ana sawiji-wiji. Pertelane yen wonten taksaka nyabrang kali Cimanuk. Sumur kejayaan deres milih. Dlupak murub tanpa patra, sedaya pan mukti malih. Somahan klayan prajurit rowang kalian priagung. Samya tentrem atine. Sedaya harja timulih ing sakehing negara rahaja.”

Kurang lebih artinya: "Akan tetapi Allah melimpahkan rahmat-Nya yang berlimpah. Darma Ayu kembali makmur tiada ada suatu hambatan. Tandanya Jika ada ular nyebrangi Sungai Cimanuk, sumur kejayaan mengalir deras, lampu menyala tanpa minyak. Semua hidup makmur bekerja sama dengan tentara membantu penguasa. Semua hidup aman dan tentram gemah ripah loh jinawi. Seluruh negara hidup makmur." (mg arif)

Editor : Maulana Salman

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network