9 Manfaat Daun Jambu Biji, Obat Antikanker hingga Turunkan Gula Darah

Diana Rafikasari
Daun jambu biji. Foto : Instagram/@info_khasiat_herbal_alami

JAKARTA,iNewsSemarang.id- Daun jambu biji ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Sejumlah penelitian menyatakan, daun ini terbukti mampu menurunkan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi hingga antikanker.

Secara umum, masyarakat mengonsumsi jambu biji digunakan untuk penyakit diare, luka, paru-paru, bisul, rematik dan penyakit lainnya. Jambu biji mengandung dalam penelitian mengandung konstituen bioaktif utama seperti flavonoid, asam guayavolat, asam guavanoat, guajadial dan  guajaveri.

 

Jambu biji berbentuk oval dan kulitnya berwarna hijau muda atau kuning. Buah ini memiliki biji kecil yang dapat dimakan dan bisa untuk ekstrak obat sebagai teh, dioleskan pada kulit, atau konsumsi daunnya atau suplemen.

 

Berikut sejumlah manfaat daun jambu biji untuk kesehatan dilansir dari Times Now News.

 

1. Baik untuk Hati dan Usus

Studi bersama Universitas Alexandria, dan Universitas Damanhour, Mesir menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji adalah obat yang sangat ampuh dalam mengobati gangguan usus atau ketidakseimbangan hati. Daun jambu biji baik sendiri atau dikombinasikan dengan metronidazole telah menginduksi pengurangan jumlah trofozoit yang signifikan dan perubahan besar.

 

2.Menyembuhkan Luka

Potensi antibakteri dari ekstrak daun jambu biji terhadap beberapa bakteri yang terkait dengan luka bedah, luka bakar, dan infeksi kulit dan jaringan lunak diteliti dalam kondisi yang berbeda. Skrining fitokimia mengungkapkan adanya beberapa senyawa bioaktif yang telah dikaitkan dengan aktivitas antimikroba.

3. Obat Antikanker 

Produsen obat pengobatan kanker mengatakan bahwa pada 2010 sebuah penelitian pada manusia yang dimaksudkan untuk mengeksplorasi dampak menguntungkan dari tanaman ini pada kanker prostat menunjukkan bahwa ekstrak jambu biji membantu mengurangi ukuran tumor. Studi lain oleh Journal of Medicinal Food yang dirilis pada 2012 mengonfirmasi sifat antikanker tanaman ini terhadap kanker prostat manusia.

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network