6 Efek Samping Konsumsi Daun Kelor, Nomor 3 Tingkatkan Risiko Keguguran

Diana Rafikasari
Daun Kelor. (Foto: Istimewa/doc. Sindonews)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Daun kelor (Moringa oleifera) merupakan salah satu tanaman yang memiliki kandungan vitamin dan mineral sehingga dipercaya baik untuk kesehatan tubuh. Namun, dibalik khasiatnya itu daun kelor ternyata memiliki efek samping yang cukup berbahaya seperti meningkatkan risiko keguguran.

Daun kelor merupakan tanaman yang kuat dan bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, beberapa orang mungkin akan mengalami sakit perut atau masalah pencernaan lainnya. Karena itu, penting untuk konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi daun kelor. 

Jika sedang hamil atau menyusui, hindari mengonsumsi daun kelor karena bahan kimia yang ditemukan di akar, kulit kayu dan bunga bisa berbahaya. Akar kelor dilaporkan tidak aman dikonsumsi lantaran mengandung zat beracun.

Selain itu, daun kelor bisa memiliki interaksi dengan beberapa obat. Jika Anda tertarik untuk mencoba kelor, sebaiknya mulai dengan dosis kecil, seperti setengah hingga satu sendok teh per hari. Lebih dari 70 gram kelor setiap hari dapat menyebabkan keracunan vitamin dan mineral. Berikut daftar efek samping daun kelor dilansir dari Healthifyme, Kamis (2/2/2023).

1. Sakit Perut 

Daun kelor memiliki sifat pencahar. Dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sakit perut, distensi gas, diare dan mulas. 

2. Muntah 

Jika Anda tidak menyukai rasa daun kelor, hal itu dapat mengaktifkan refleks muntah. Hindari mengonsumsi terlalu banyak karena dapat menyebabkan mual. 

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network