Pantang Dilanggar, Inilah Sederet Mitos Jawa yang Masih Dipercaya Hingga Sekarang

Inas Rifqia Lainufar
Mitos Jawa yang masih dipercaya hingga sekarang. Potong kuku di malam hari (Foto: MNC Media)

6. Burung gagak di atas rumah

Sampai sekarang, orang Jawa percaya bahwa burung gagak yang bertengger di atas rumah seseorang adalah pertanda buruk. Salah satu penghuni rumah tersebut dipercaya akan meninggal dunia atau mengalami musibah.

7.Duduk di atas bantal

Orang Jawa akan melarang keras seseorang untuk duduk di atas bantal. Pasalnya, tindakan tersebut dipercaya akan membuat seseorang bisulan.

Namun jika dilihat dari segi kesopanan, bantal biasanya dijadikan tempat meletakkan kepala, sehingga tidak etis apabila digunakan sebagai tempat duduk.

8.Kupu-kupu masuk rumah

Orang Jawa percaya bahwa jika ada kupu-kupu yang masuk ke dalam rumah, maka rumah tersebut akan kedatangan tamu. Kupu-kupu ini menjadi pertanda agar pemilik rumah siap menerima tamu.

9.Makan sayap ayam 

Hingga kini, para gadis Jawa masih banyak yang percaya akan mendapat jodoh dari tempat jauh jika memakan sayap ayam. Oleh sebab itu, orang tua yang tak ingin putrinya tinggal jauh setelah menikah akan melarang keras anak gadisnya mengonsumsi sayap ayam.

10.Menabrak kucing

Seseorang yang telah menabrak kucing dipercaya akan menghadapi kesialan. Namun jika tidak disengaja dan orang tersebut begitu menyesali perbuatannya dengan mengubur kucing yang telah ditabraknya secara layak, maka kesialan yang dimaksud tidak akan terjadi.

(Mg/Ajeng)

Editor : Maulana Salman

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network