Ghozali Everyday, Mahasiswa Udinus Semarang yang Mendadak Jadi Miliarder dari Jualan Foto Selfie

Taufik Budi.
Sultan Gustaf Al Ghozali, mahasiswa semester 7 Universitas Dian Nuswantoro Semarang, yang viral di media sosial setelah foto-foto selfienya di platform Opensea laku terjual hingga miliaran rupiah. Foto: Istimewa

SEMARANG, iNews.id – Nama Ghozali Everyday viral di media sosial. Mahasiswa semester tujuh Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Jawa Tengah ini dikabarkan meraup miliaran rupiah berkat foto-foto selfienya dalam bentuk Non Fungible Token (NFT) yang terjual laris di platform e-commerce.

Pemuda bernama lengkap Sultan Gustaf Al Ghozali, tak menyangka jika swafoto pribadinya yang dijual lewat bisnis NFT atau token yang tak dapat ditukarkan di platform Opensea, mengantarkannya menjadi milarder.

Dia menceritakan, ide berfoto selfie itu awalnya hanya untuk keperluan stop motion dan video timelapse. Foto-foto selfie dilakukannya setiap hari, selama lima tahun sejak lulus SMK pada 2017.

Sejak tahun 2017 itu, Ghozali mengunggah foto selfie-nya dalam beragam ekspresi sebagai produk NFT di OpenSea.  Tak disangka, ternyata foto selfie tersebut mendapat banyak peminat, hingga ada yang laku terjual hingga puluhan juta rupiah.

Dari akun OpenSea miliknya dengan nama Ghozali Everyday, terdapat 933 NFT yang semuanya merupakan foto selfie dirinya. Ghozali memilih untuk menjual foto selfie dirinya selama lima tahun terakhir, dari 2017 hingga 2021, sebagai produk NFT. Satu foto selfie Ghozali dihargai dengan harga terendah yaitu 0,13 Ethereum atau sekitar Rp 6 juta hingga tertinggi 0,7 Ethereum atau sekitar Rp 31 juta.

Selain konsisten berfoto selfie, Ghozali juga rajin mengikuti berbagai kompetisi. Lebih dari 100 kejuaraan yang diikuti, namun hanya beberapa yang menyabet juara, dan kini usaha Ghozali berbuah manis, karena komunitas NFT Indonesia juga turut mempromosikan foto-fotonya.

Foto-foto Ghozali tak hanya mencuri perhatian hingga dunia luar. Banyak pesohor tanah air seperti Chef Arnold yang ikut membeli foto Ghozali. Juri Master Chef itu mengungkap rasa kagum atas konsistensi Ghozali.

Editor : Sulhanudin Attar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network