10 Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia

Tika Vidya Utami/Arni Sulistiyowati
Presiden Soekarno memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 (Foto: Kemendikbud)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya. Meskipun telah mencapai kemerdekaan, pengakuan dari negara-negara lain terhadap perjuangan dan kedaulatan Indonesia tetaplah penting. 

Beberapa negara menjadi yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia. Berikut adalah daftar 10 negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia tersebut:

1. Palestina

Pada tanggal 6 September 1944, Palestina secara de facto mengakui kemerdekaan Indonesia. Mufti besar Palestina, Syekh Muhammad Amin Al-Husaini, menjadi tokoh utama yang menyebarkan pengakuan ini melalui radio berbahasa Arab di Berlin, Jerman. Palestina juga berperan dalam membantu menggalang pengakuan kemerdekaan Indonesia di Timur Tengah.

2. Mesir

Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia secara de facto pada tanggal 22 Maret 1946. Hubungan erat yang didasarkan pada kekeluargaan, keagamaan, dan persaudaraan membuat Mesir memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 10 Juni 1947, Mesir secara resmi mengakui kedaulatan Indonesia melalui perjanjian persahabatan yang juga diikuti dengan pembukaan kedutaan Indonesia di Mesir.

3. Suriah

Pada tanggal 2 Juli 1947, Suriah memberikan pengakuan terhadap kemerdekaan Indonesia melalui penandatanganan perjanjian persahabatan di Damaskus. Perjanjian ini diwakili oleh Agus Salim dan menjadi bukti resmi bahwa Suriah mengakui Indonesia sebagai negara merdeka dan berdaulat. Selain itu, Suriah juga mendukung Indonesia dengan mengajukan masalah perjuangan Indonesia dan Belanda ke Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1947.

4. Vatikan

Pada tanggal 6 Juli 1947, Vatikan memberikan pengakuan kemerdekaan Indonesia dengan mendirikan Apostolic Delegate di Jakarta. George Marie Joseph diangkat sebagai duta besar Vatikan untuk Indonesia dan berperan sebagai perantara antara Vatikan dan Indonesia.

5. Lebanon

Lebanon memberikan pengakuan kemerdekaan Indonesia secara de jure pada tanggal 29 Juli 1947. Setelah itu, hubungan bilateral antara Indonesia dan Lebanon semakin erat. Pada tahun 1966, kedutaan besar Indonesia untuk Lebanon didirikan di Beirut.

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network