Tanamkan Akhlak Mulia Rasulullah, Ratusan Siswa di Demak Peringati Maulid Nabi

Arni Sulistiyowati
Ratusan Siswa di Demak Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW. (Foto: Dok.)

DEMAK, iNewsSemarang.id - Ratusan siswa SMP Ky Ageng Giri, Banyumeneng, Mranggen, Demak menggelar kegiatan pembacaan Maulid Diba' dan Sholawat dalam rangka memperingati kelahiran atau Maulid Nabi Muhammad SAW, Jum'at (29/9/2023). 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan rangkaian acara berupa pembacaan Maulid Diba' kemudian lantunan sholawat-sholawat, mauidzoh hasanah dan ditutup dengan doa. 

Kepala SMP Ky Ageng Giri, Hayyin Fuad mengungkapkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini merupakan salah satu bukti cinta kita kepada Rasulullah.

"Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW runtin diperingati karena pada hakekatnya Nabi itu tidak pernah meninggal meskipun jasadnya telah dikuburkan. Beliau akan hadir disetiap kegiatan yang majelis tersebut menyebutkan nama beliau," ujarnya.

Dengan digelarnya peringatan maulid nabi ini, pihaknya berharap siswa-siswi dapat meneladani sifat-sifat Rasulullah mulai dari hal-hal kecil seperti berdoa sebelum makan. 

Momen peringatan maulid Nabi tersebut juga dihadiri oleh Gus Fakhruddin Mujib Giri Kusumo atau yang akrab disapa Gus Rudi untuk memberikan tausiyah dan pesan-pesan kepada siswa-siswi. 

Dalam kesempatan itu, Gus Rudi menyampaikan bahwa seseorang kelak akan dikumpulkan bersama dengan orang-orang yang ia cintai. Termasuk orang yang mencintai Rasulullah juga kelak akan dikumpulkan bersama beliau. 

"Syaratnya juga harus mempunyai akhlak yang mulia seperti yang dicontohkan Rasulullah," terang Gus Rudi, menantu KH Munif Zuhri Pengasuh Ponpes Giri Kusumo Demak. 

Menurutnya, salah satu bentuk implementasi dari meneladani sifat-sifat Rasulullah itu juga bisa berupa menyenangkan hati kedua orang tua, termasuk guru-guru sebagai orang tua siswa di sekolah. 

"Melalui ridho orang tua dan guru, seorang santri dan siswa bisa mendapatkan ilmu yang baik. Jalan untuk menutut ilmu akan dibuka dan insya Allah dimudahkan," imbuhnya. 

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network