Berikan Edukasi Kesehatan kepada Ratusan Pelajar, dr Awal: Satu dari Empat Orang Remaja itu Merokok

Mualim
Ketua PMI Kota Semarang, Dr. dr. Awal Prasetyo. (iNews / Mualim)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Upaya menyosialisasikan bahaya rokok dan narkoba di kalangan siswa terus digencarkan, salah satunya yang dilakukan PT Pelindo Terminal Peti Kemas Semarang bersama Palang Merah Indonesia (PMI) dengan melaksanakan edukasi kesehatan terhadap siswa siswi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 10 Semarang.

Acara yang digelar di Aula Baita Adhi Guna SMKN 10 Jalan Kokrosono No.75, Panggung Kidul, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang pada Rabu (7/2/2024) kemarin tersebut menghadirkan pembicara Ketua PMI Kota Semarang, Dr. dr. Awal Prasetyo.

Dalam paparannya, dr Awal mengungkapkan, rokok dan penyalahgunaan narkotika serta obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut, dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari. 

Karena pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus, sehingga merokok dan penyalahgunaan narkoba dapat menjadi ancaman serius bagi masa depan bangsa. Rokok dan narkoba juga mengandung senyawa kimia yang bersifat adiktif, yaitu menimbulkan ketergantungan atau kecanduan.
 
"Jadi kalau kita buka data di medsos misalnya itu BPS 2023 mengungkap insidensi perokok remaja itu 22,2 persen. Artinya apa, dari seluruh remaja, artinya kan satu dari empat orang remaja itu merokok," kata dr Awal.

Merokok, kata dia, adalah pintu masuk kepada kebiasaan seseorang untuk mencoba obat-obatan khususnya golongan narkotika.

"Jadi sebaiknya kita menjauhkan mereka dari risiko itu. Dan upaya yang saat ini itukan lebih sulit tantangannya oleh karena generasi milenial dengan segala perspektif yang mereka bangun sendiri, jadi tantangannya lebih sulit," ungkapnya.

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network