Berikan Edukasi Kesehatan kepada Ratusan Pelajar, dr Awal: Satu dari Empat Orang Remaja itu Merokok

Mualim
Ketua PMI Kota Semarang, Dr. dr. Awal Prasetyo. (iNews / Mualim)

Selain rokok dan narkotika, dr Awal juga menyinggung tentang bahaya ketergantungan terhadap internet. Menurutnya, kebiasaan ini juga berpengaruh terhadap kehidupan di tengah masyarakat, sehingga menyebabkan seseorang bisa asosial.

"Nah kalau seseorang itu asosial berarti ia sudah bisa dikategorikan tidak sehat secara konsep World Health Organization (WHO). Karena sehat konsep WHO itu harus sehat fisik, mental spiritual, termasuk psikis di situ adalah sehat sosial," paparnya.

"Jadi kalau seseorang asyik dengan internetnya tanpa interaksi sosial itu akan tidak sehat, nanti kedepan akan menjadi tantangan berat, termasuk di situ adalah isu bencana kemanusiaan akibat penggunaan medsos yang isinya membully manusia lain, sudah dicontohkan pada situasi saat ini di masa tahun politik ini," imbuhnya.

Untuk mengurangi ketergantungan terhadap internet, Awal meminta para generasi muda agar memperluas jaringan relawan yang tidak hanya terjebak dalam pemahaman yang konservatif bahwa relawan itu adalah kesukarelaan secara fisik, membantu secara fisik, menolong secara fisik, tapi ini menolong secara maya dengan melawan isu-isu medsos yang negatif.

Editor : Maulana Salman

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network