Kisah Untung Pranoto, Mantan Preman Semarang Jadi Prajurit Kopassus Berkat Doa Ibu

Mahesa Apriandi
Prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Pasukan Elite TNI AD. Foto : ilustrasi/ Sindonews

SEMARANG, iNewsSemarang.id Kisah Untung Pranoto, mantan preman terminal di Semarang ini bisa menjadi inspirasi. Dia suskes jadi prajurit TNI dengan menyandang pangkat Letkol. 

Kesuksesan Untung berkat doa sang ibu. Kisah membanggakan Untung Pranoto diceritakan Iwan Santosa EA Natanegara dalam buku Kopassus untuk Indonesia. 

Seseorang yang dulunya merupakan preman terminal di Kota Semarang, Jawa Tengah berhasil menjadi Pabandya Tatib Makopassus dengan lencana Letkol.

Sebelum masuk ke dalam Kopassus, Untung sering nongkrong di terminal Kota Semarang dengan gaya pakaian bak preman mengenakan kaos singlet, rambut panjang serta sepatu boots koboi. 

Suatu waktu, dirinya melihat pengumuman pendaftaran TNI dan tanpa pikir panjang langsung mendaftar.

Namun baru memasuki pintu pendaftaran Pranoto sudah diusir oleh petugas pendaftaran yang meminta untuk mengenakan pakaian rapi dan memotong rambut lebih pendek. Dirinya menuruti perintah petugas untuk tampil lebih baik.

Sebelum kembali mendaftar, Pranoto meminta doa restu dari ibunya agar bisa masuk menjadi TNI. Dirinya berdalih, jika tidak menjadi tentara, maka akan menjadi bajingan (penjahat).

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network