Keraton Solo Berduka, Putri ke-32 Paku Buwono XII GRAy Koes Ismaniyah Meninggal

R August
GRAy Koes Ismaniyah, putri ke-32 Paku Buwono (PB) XII tutup usia di Rumah Sakit (RS) dr Oen Kandangsapi, Solo, Rabu (24/4/2024) pukul 05.45 WIB. (Foto: Ist)

SOLO, iNewsSemarang.id – Keraton Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) berduka cita. Putri ke-32 Paku Buwono XII, GRAy Koes Ismaniyah meninggal dunia, Rabu (24/4/2024) pukul 05.45 WIB. 

Almarhumah meninggal pada usia 60 tahun di Rumah Sakit (RS) dr Oen Kandangsapi, Solo. Kabar duka ini disampaikan Ketua LDA Keraton Kasunanan Solo, GKR Wandansari Koes Moertiyah atau Gusti Moeng saat dihubungi wartawan. Dia mengatakan Gusti Ismaniyah meninggal karena sakit. 

"Iya. Sakitnya sudah lama, hampir 30 tahun. Sakit kanker. Meninggal di RS," ujar Gusti Moeng saat dihubungi awak media, Rabu (24/4/2024). Gusti Moeng mengatakan, almarhumah juga merupakan putri Paku Buwono (PB) XII dengan KRAy Pujaningrum. 

"(Almarhumah) anak ke-32 dari PB XII," ucapnya. Setelah KRAy Pujaningrum berpisah dengan PB XII, GRAy Ismaniyah kemudian ikut sang ibu ke Jakarta. Gusti Moeng menjelaskan, di sana almarhumah sempat menikah dua kali dan dikaruniai 4 anak. 

Setelah itu, GRAy Ismaniyah kembali ke Solo dan tinggal di Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon. Dia menempati rumah yang dipinjami pihak Keraton.  

"Kalau almarhumah sama saya dekat, walaupun beda Ibu. Dulu ya sering menari, tapi setelah di Jakarta sempat putus (komunikasi). Setelah balik ke Solo lagi dia single parent, perjuangannya untuk ngurusi anak-anaknya luar biasa, orang yang tekun," ujarnya. 
 

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network