Jadi Desa Mandiri, Dana Desa Tak Berkurang dan Pencairan Lebih Cepat

Ramaditya Barka
Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendamping Profesional (TPP) se-Kabupaten Temanggung, Rabu (24/4/2024). Foto: IST

"Penyaluran Dana Desa dari Desa Mandiri hanya dua tahap tak seperti desa Maju dan berkembang yang harus melengkapi dokumen permohonan dan mengajukanya tiga kali karena penyaluran Dana Desanya tiga tahap,” terangnya. 

Sebagai informasi, pengelompokan status desa berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) yang digunakan sebagai acuan dalam menilai kemajuan pembangunan desa. Kompenennya terdiri dari Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE), dan Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL).

Berdasarkan IDM, selanjutnya desa-desa diklasifikasikan ke dalam lima status kemajuan dan kemandirian desa secara berjenjang. Pertama, Desa Mandiri atau Desa Sembada. Disusul Desa Maju (Pra-Sembada), Desa Berkembang (Madya), Desa Tertinggal (Pra-Madya) dan Desa Sangat Tertinggal (Pratama).

Adapun besaran Dana Desa, sebagai gambaran, untuk di Kabupaten Temanggung pada tahun anggaran 2024 ini jumlahnya mulai dari yang terkecil Rp 579.389.000 per tahun hingga jumlah tertinggi sebesar 1.394.458.000 per tahun. Besar-kecilnya jumlah Dana Desa setiap desa berdasarkan variabel, seperti jumlah penduduk, tingkat kemiskinan, luas wilayah dan kesulitas geografis.

Lebih lanjut, Ivanovich menekankan pentingnya data sebagai acuan dalam melakukan kegiatan pembangunan desa. Dengan berbasis data, tegasnya, hasil dan manfaat dari pembangunan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Terkait acuan data yang dimaksud, secara lebih rinci Ivan menjelaskan bahwa hasil dari pembangunan desa secara statistik bisa dilihat dari Indeks Desa Membangun (IDM). Komponennya terdiri dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Lingkungan/ Ekologi.

Editor : Sulhanudin Attar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network