Viral Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Bergaya Hidup Mewah, Statusnya Bisa Dicabut?

Neneng Zubaidah
Ilustrasi Kartu Indonesia Pintar ( KIP) Kuliah (Dok Sindonews)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) penerima KIP Kuliah pamer gaya hidup mewah menjadi perbincangan netizen dan viral di media sosial. Kemendikbudristek pun merespons akan hal ini. 

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Abdul Kahar mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan ada mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang tidak tepat sasaran itu.

"Kami tentu menyayangkan akan terjadinya ada anak penerima KIP Kuliah yang memamerkan kehidupan mewah," katanya, ketika dikonfirmasi MPI, Kamis (2/5/2024). Menurutnya, regulasi KIP Kuliah yang diatur dalam Persesjen membuka ruang untuk penghentian penerima bantuan pendidikan KIP Kuliah di tengah jalan. 

"Tentu dengan syarat; ditemukan adanya anak penerima KIP Kuliah tidak sesuai dengan ketentuan. Seperti terbukti yang bersangkutan bukan dari keluarga kurang mampu. Dan yang bersangkutan sudah mengundurkan diri," ungkapnya.

Ia menjelaskan, salah satu mahasiswa Undip yang viral namanya karena dianggap tidak tepat menerima KIP Kuliah telah mengundurkan diri. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network