Profil Thom Haye Pemain Terbaik Laga Indonesia Vs Filipina, The Professor Berdarah Solo

Abdul Haris
Thom Haye Pemain Terbaik, Cetak Gol Kandang Perdana untuk Timnas Indonesia. Foto: SINDOnews/Isra Triansyah

Naturalisasi Thom Haye 

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) seusai menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kantor Wilayah  Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Senin (18/1/2028) malam.

PSSI berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

"Sekali lagi, kami ingin mengucapkan terima kasih pada Kanwil Kumham DKI Jakarta, kemudian juga Dukcapil DKI Jakarta serta setelah tadi sumpah, lagi proses untuk pembuatan KTP, kemudian juga Kanwil Imigrasi Jakarta dan juga yang ada di Soekarno-Hatta yang akan setelah ini mendukung pembuatan paspor,” tutur anggota Komite Eksekutif (Exco) Arya Sinulingga, dikutip situs resmi PSSI, Selasa (19/3/2024).  

Thom Haye mengaku bahagia bisa menyelesaikan proses menjadi WNI. Dia mengaku langsung terbang ke Indonesia beberapa saat setelah dia membela klubnya, SC Heerenveen vs Feyenoord Rotterdam, Minggu (17/3/2024) malam WIB. 

"Setelah proses yang panjang akhirnya selesai. Saya senang. Proses 24 jam. Setelah saya main (bersama Heerenveen), saya langsung ke bandara. Saya terbang 18 jam (ke Indonesia),” ucap Thom. 

“Kemudian saya ke sini dan selesai sekarang. Saya senang dan terima kasih atas dukungannya. Saya berharap bisa berkontribusi untuk kemajuan Timnas Indonesia,” ujarnya.

Perjalanan Karier Thom Haye di Klub

Menurut transfermarkt, Haye sempat menimba ilmu sepak bola di akademi AFC Amsterdam hingga tahun 2006. Setelah itu, ia pindah ke akademi AZ Alkmaar dan bermain sampai tahun 2012. 

Di AZ Alkmaar, Haye tercatat sempat tampil di tim U-17, U-19, dan U-21. Penampilan terbaiknya saat membela AZ Alkmaar U-21. Di tim itu, ia mampu mencatatkan penampilan di 20 laga, mencetak lima gol, dan tiga assist.

Setelah itu, Haye diorbitkan ke tim senior AZ Alkmaar pada musim 2014/2015. Dari dua musim main di klub yang bermarkas di AFAS Stadion itu, ia berhasil membukukan 73 kali penampilan, mencetak dua gol, serta lima assist. 

Di musim 2016/2017, AZ Alkmaar melepas Haye ke Willem II dengan status bebas transfer. Sebelum bermain di posisinya saat ini, yakni gelandang bertahan, ia di klub barunya itu sempat main di posisi penyerang sayap, dan gelandang serang. 

Pencapaian terbaik Haye bersama Willem II, yaitu saat berhasil antarkan timnya melangkah hingga babak semifinal pada Piala Belanda. Di babak semifinal, mereka bertekuk lutut dari Feyenoord, 3-0. 

Selain main di Belanda, tercatat Haye juga sempat merantau ke Italia dan main di Lecce. Di saat itu, pemain yang kini bernilai Rp43,45 miliar tersebut bergabung dengan status bebas transfer. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network