JAKARTA, iNewsSemarang.id - Guna mempermudah brand memahami apa yang dicari konsumen, Google mengeluarkan laporan soal pergeseran perilaku konsumen. Saat ini, Google menjadi salah satu alat orang untuk mencari ide atau inspirasi.
Berdasarkan data Google Trends (Agustus 2020- Agustus 2021), eConomy 2021, dan Google Destination Insights (November 2020-Oktober 2021), laporan ini menunjukkan beberapa tren besar.
Pertama, orang Indonesia mengandalkan platform online untuk mencari dan membeli saat ingin berbelanja bahkan saat tempat-tempat offline mulai buka kembali.
Trend kedua ditemukan orang Indonesia mencoba memaksimalkan pendapatan dengan berbagai cara baru sambil berusaha menghemat uang.
Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan penelusuran saham pemula sebesar 128 persen dan kenaikan minat penelusuran untuk kemasan ekonomis sebesar 56 persen.
Laporan juga menunjukkan orang Indonesia ingin tahun apakah mereka berhubungan dengan brand yang menggap penting praktik yang etis dan berkelanjutan.
Selain itu, juga ditemukan keamanan online menjadi kekhawatiran yang bertambah, dengan kenaikan penelusuran kebocoran data sebesar 33 persen dan berita bohong 52 persen.
Selain itu, laporan juga menunjukkan bagaimana sejumlah sektor utama mengalami perubahan dalam periode satu tahun yang sama dari Agustus 2020-Agustus 2021.
Teknologi, di mana ulasan online bertambah populer, dengan peningkatan penelusuran “rekomendasi hp” sebesar 38 persen dan “rekomendasi elektronik” sebesar 78 persen.
"2021 adalah tahun untuk beradaptasi dengan perubahan yang terus terjadi dan untuk mengevaluasi kembali apa yang penting bagi kita sebagai individu dan sebagai penghuni Bumi,” kata Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing, Google Indonesia.
Editor : Miftahul Arief
Artikel Terkait