7 Fakta Truk Ekspedisi Terbakar di Tol Pemalang, Nomor 6 Ajaib

Suryono Sukarno, Ahmad Antoni
Truk ekspedisi bermuatan paket terbakar di ruas Tol Pejagan-Pemalang, Km 306A pada Minggu (23/6/2024) malam. (Suryono Sukarno)

PEMALANG, iNewsSemarang.id - Sebuah truk ekspedisi bermuatan paket terbakar di ruas Tol Pejagan-Pemalang, KM 306A pada Minggu (23/6/2024) malam. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun arus tol sempat macet dua jam selama proses pemadaman dan evakuasi truk.

Berikut fakta-fakta truk terbakar di Tol Pemalang hingga menghanguskan muatan paket,

1. Api Berasal dari Barang Tumpukan Paket
Dalam video amatir warga, sebuah truk bermuatan paket ini terbakar di KM 306A arah Jakarta ke Semarang. Api dengan cepat melahap isi truk paket dari Jakarta ke Surabaya. Menurut keterangan pengemudi truk, Muhamad Cholili, api berasal dari tumpukan barang paket yang tersimpan di dalam box truk tersebut. 

2. Pemadaman dan Evakuasi Truk
Polres Pemalang melakukan evakuasi truk ekspedisi bermuatan barang paket yang terbakar di KM306 Tol Pemalang, Minggu (23/6), sekitar pukul 18.00 WIB. Polisi bersama petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Pemalang dan pengelola tol Pemalang-Pejagan melakukan pemadaman truk yang terbakar itu.

3. Arus Lalin Jakarta-Semarang Sempat Ditutup
"Adapun arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju ke Semarang sementara kami tutup selama proses pemadaman," kata Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya.

4. Kronologi Kejadian
Kronologi kejadian itu truk paket berpelat nomor L 9910 UW yang dikemudikan oleh Moch Cholil (44) warga Pasuruan, Jawa Timur, melihat ada asap yang berasal dari samping dan belakang truk boks itu. Melihat adanya asap, kata dia, sopir menepikan dan menghentikan laju truk dan menyuruh kernet agar turun untuk mengecek radiator, mesin, dan kabel lampu. Namun, setelah dilakukan pengecekan, kondisi truk dalam keadaan normal.

5. Kobaran Api Membesar Membakar Tumpukan Paket
Sopir dan kernet, melakukan pengecekan di bagian belakang truk serta membuka segel paket boks truk yang berisi paket itu.Setelah segel belakang dibuka, Kapolres Yovan mengatakan didapati adanya asap yang berasal dari tumpukan paket di bagian belakang truk.
"Selanjutnya sopir dan kernet membuka pintu samping bok truk untuk mengambil apar. Namun, kobaran api mulai membesar yang membakar tumpukan paket," katanya.

6. Tiga Mushaf Alquran Masih Utuh


Petugas Damkar, Agus Surono mengatakan, saat selesai proses pemadaman, petugas Damkar menemukan keajaiban yang terjadi, yakni tiga mushaf Alquran masih utuh tidak ikut terbakar. Padahal, semua barang lainnya dalam truk ludes dilalap si jago merah.Petugas menemukan mushaf Alquran itu di antara puing-puing benda lain yang sudah menjadi arang. Petugas kemudian mengamankan kitab suci Alquran tersebut.

7. Truk Terbakar Bisa Dipadamkan dalam 2 Jam
Truk tronton boks yang terbakar dapat dipadamkan setelah sekitar dua jam. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian materi masih dalam proses penghitungan.


 

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network