Viral Soal Khodam di Media Sosial, Ini Arti dan Hukumnya Menurut Islam

Hantoro
Ilustrasi Khodam. Ilustrasi/Pexels

"Dari penjelasan ayat Alquran dan hadits tersebut, khodam dan jimat adalah perbuatan syirik (menyekutukan Allah) karena bergantung kepada selain Allah. Sedangkan perbuatan syirik adalah perbuatan yang tidak akan diampuni dosanya," beber Ustadz Ady yang menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Alquran di Universitas Al Qur'anul Karim, Omdurman, Sudan.

Ia melanjutkan, maka dalam hal apa pun, bergantunglah hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan memfokuskan setiap hal dalam hidup sebagai bentuk penghambaan kepada-Nya.

Allah akan memberikan jalan keluar terbaik dalam setiap persoalan yang dihadapi umat manusia. Bahkan, terkadang dengan jalan yang menurut akal pikiran manusia sangat tidak mungkin. 

Satu hal yang penting untuk diingat bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak akan memberikan ujian di luar kemampuan hamba-Nya. Maka, mintalah jalan keluar kepada yang memiliki segalanya, berdoalah sebanyak-banyaknya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala tempat meminta segalanya, dan Allah Ta'ala adalah sebaik-baiknya pelindung. Hanya kepada Allah Ta'ala, manusia bisa berharap dan bergantung.

"Saat kita bergantung hanya kepada Allah, tidak ada lagi yang perlu kita risaukan dalam hidup ini. Sebab kita yakin dengan janji Allah dalam firman-Nya: Innallaha ma'ana (sesungguhnya Allah bersama kita)," papar Ustadz Ady.

"Saat kita lari ke Allah, berarti kita sudah berserah diri kepada-Nya, tentu juga harus dibarengi dengan melakukan ikhtiar yang maksimal," tandasnya. (Arni Sulistiyowati)

Editor : Maulana Salman

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network