Kolaborasi dengan DJKI, Kemenkumham Jateng Dorong Pelindungan Desain Industri

Eka Setiawan
Kegiatan Penguatan Pemahaman dan Konsultasi Teknis Pendaftaran Desain Industri di Grand Mercure Solo Baru, Senin (8/7/2024). Foto: Dok

SUKOHARJO, iNewsSemarang.id - Pertumbuhan industri kreatif telah mendorong tumbuhnya desain-desain yang semakin inovatif. Di sisi lain, banyaknya desain yang tercipta belum diimbangi dengan kesadaran akan pentingnya pelindungan desain industri

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Tejo Harwanto, menyebut suatu desain produk yang dipasarkan kemudian ditiru pihak lain masih kerap terjadi.  

"Mirisnya, pelanggaran tersebut tidak dapat diproses secara hukum karena belum memperoleh pelindungan sebagai desain industri," ujar Tejo dalam sambutannya pada kegiatan Penguatan Pemahaman dan Konsultasi Teknis Pendaftaran Desain Industri yang berlangsung di Grand Mercure Solo Baru, Senin (8/7/2024).

"Untuk itu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah terus mendorong semua pihak, baik pemerintah daerah, perguruan tinggi, para pelaku usaha dan stakeholder lainnya, untuk lebih peduli terhadap pelindungan kekayaan intelektual," tambah Tejo Harwanto.

Kakanwil Kemenkumham Jateng mengungkapkan, berdasarkan data dari dashboard monitoring kekayaan intelektual diketahui, sepanjang tahun 2023 terdapat 319 permohonan desain industri, 

"Dan hingga hari ini sudah terdapat 175 permohonan desain industri," ungkap Tejo Harwanto.

Tejo menyebut, saat ini pihaknya juga aktif berkoordinasi dengan kelompok pengrajin dan perguruan tinggi untuk menyusun database inventarisasi data potensi desain industri di Jateng.  

Tejo Harwanto mengajak peserta kegiatan, yang berasal dari civitas akademika Institut Seni Indonesia Surakarta untuk sama-sama berkomitmen meningkatkan pemahaman dan memperkuat kolaborasi terkait kekayaan intelektual, khususnya desain industri.

"Saya juga berharap seluruh peserta dapat memperoleh manfaat dan tambahan pengetahuan terkait penyiapan data dormalitas dan substansi desain industri langsung dari narasumber," harap Tejo Harwanto.

Selain itu, pengetahuan ini juga diharapkan dapat ditularkan ke sesama mahasiswa, keluarga atuapun masyarakat umum agar dalam penyiapan dokumen permohonan desain industri ke depan semakin baik.  

"Semoga kegiatan ini menjadi langkah awal yang inspiratif dalam mendorong keunggulan desain industri di wilayah Jawa Tengah," pungkasnya mengakhiri.

Sementara, Plh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Anggoro Dasananto mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang prosedur dan persyaratan dalam pendaftaran desain industri.

"Kegiatan semacam ini, technical assistance harus tegas dan jelas, agar nantinya 99% permohonan dapat disetujui," tegas Anggoro.

Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk memberikan pembimbingan kepada peserta tentang penyusunan syarat administratif dan substantif permohonan desain industri, khususnya bagi perguruan tinggi.

Hadir mengikuti kegiatan pembukaan, Kepala Divisi Administrasi, Anton Edward Wardhana, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Anggiat Ferdinan, Wakil Rektor I Institut Seni Indonesia Surakarta, Pejabat Administrasi Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual dan Kemenkumham Jateng. 

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network