Asbabun Nuzul Surat Al Maun: Inilah Larangan yang Harus Dihindari oleh Muslim

Kastolani Marzuki
 Asbabun Nuzul Surat Al-Ma'un menarik untuk dikaji karena banyak hikmah yang dapat dipetik oleh umat Islam. Foto: Shutterstock

JAKARTA, iNews.id - Asbabun Nuzul Surat Al-Ma'un menarik untuk dikaji karena banyak hikmah yang dapat dipetik oleh umat Islam.

Surat Al-Ma'un adalah surat ke-107 dalam Al-Qur'an. Surat ini terdiri dari 7 ayat dan diturunkan di kota Makkah, sehingga tergolong sebagai surat Makiyah. Surat ini diturunkan setelah Surat At-Takatsur dan sebelum Surat Al-Kafirun.

Bacaan Surat Al Maun Ayat 1-7

أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ (1) فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ (2) وَلَا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِينِ (3) فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ (4) الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ (5) الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ (6) وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ (7

Artinya: Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang salat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya, orang-orang yang berbuat riya, dan enggan (menolong dengan) barang berguna.

Sebab turunnya ayat atau surah dalam Al Quran dinamakan asbabunnuzul. Sebab turun ini bisa berupa kejadian yang sedang dialami Nabi Muhammad saw dalam menghadapi kaumnya ataupun kejadian yang ditemui Nabi dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak semua ayat atau surah dalam Al Quran diketahui asbabun nuzulnya.

Asbabun Nuzul Surat Al Maun

Dilansir dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas V SD, asbabun nuzul atau sebab turun surat al Maunn ayat 1-3 di antaranya ada suatu riwayat yang menyebutkan bahwa ada orang yang identitasnya diperselisihkan oleh para perawi; Abu Sufyan, Abu Jahal, Al-Ash Ibn Walid atau orang lain, yang setiap minggu menyembelih seekor unta. 

Suatu ketika ada anak yatim yang datang meminta sedikit daging yang disembelih. Namun mereka menghardik dan mengusir anak yatim tersebut.

Peristiwa di atas merupakan pelajaran yang sangat berarti agar kita memiliki kepedulian terhadap orang yang membutuhkan. Kita harus menyadari bahwa harta yang kita miliki merupakan titipan Allah yang harus dibelanjakan dengan baik.

Dalam riwayat lain diceritakan dari Ibn Abbas bahwa pada masa Rasulullah ada sekelompok orang munafik yang rajin mengerjakan ibadah salat. Namun salatnya tidak diniatkan karena Allah Swt. tetapi karena ingin dilihat dan dipuji orang lain.

Ketika dilihat orang lain, mereka terlihat khusyuk mengerjakan salat, tetapi ketika tidak dilihat orang lain, mereka salat seenaknya bahkan sering menyepelekan dan meninggalkannya. Allah tidak suka dengan orang-orang munafik seperti ini, maka diturunkanlah surat al-Mā’ūn ayat 4-7. 

Peristiwa di atas menunjukkan bahwa beramal ibadah harus dilakukan dengan tulus ikhlas semata-mata karena Allah Swt., tidak boleh ria yakni memperlihatkan ibadah dan amal kebaikan dengan tujuan agar dilihat dan dipuji orang lain. Amal ibadah yang dilakukan dengan ria tidak akan diterima oleh Allah Swt.

Itulah ulasan Asbabun Nuzul Surat Al Maun yang perlu muslim ketahui untuk diambil hikmahnya.

Wallahu A'lam

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network