3 Perwira Baret Merah Bintang Tiga Lulusan Akmil 93, Nomor 2 Mantan Pangdam Diponegoro

Zen Teguh Triwibowo
Dari kiri ke kanan: Letjen TNI Bambang Trisnohadi, Letjen TNI Widi Prasetijono dan Letjen TNI Mohamad Hasan (dok. istimewa)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Tiga perwira Baret Merah ini sukses menembus pangkat bintang tiga alias letnan jenderal (letjen) TNI. Mereka merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1993.

Secara kebetulan, ketiganya berasal dari kecabangan infanteri dan sebagian besar kariernya ditempa pasukan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Sosok teranyar yang mengoleksi tiga bintang emas di pundak adalah Mayjen TNI Mohamad Hasan. Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) itu dipromosikan sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Secara resmi, kenaikan pangkat itu tinggal menunggu waktu.

Penunjukan Hasan tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 tanggal 24 Juli 2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Total terdapat 256 perwira tinggi (pati) TNI yang masuk dalam daftar mutasi terbaru TNI tersebut.
 
“Terdiri atas 156 Pati TNI AD, 52 Pati TNI AL, dan 48 Pati TNI AU,” ujar Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (7/8/2024).

Melalui SK mutasi tersebut, Hasan ditunjuk Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Pangkostrad menggantikan Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa. Saleh kini dipercaya sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) TNI.

Adapun kursi orang nomor satu Kodam Jaya yang ditinggalkan Hasan akan diisi Mayjen TNI Rafael Granada Baay. Sebelumnya, Granada menjabat Pangdam V/Brawijaya.

Lulusan Akmil 93

Menembus bintang 3 akan membawa Hasan menyamai dua rekan angkatannya yang lebih dulu meraih pangkat top itu. Kedua sosok tersebut yakni Letjen TNI Widi Prasetijono dan Letjen TNI Bambang Trisnohadi.

Widi saat ini menjabat Komandan Kodiklat TNI AD, sementara Bambang Pangkogabwilhan III. Catatan khusus buat Bambang, secara resmi pangkat bintang tiga juga tinggal tunggu waktu untuk disematkan. 

Sama seperti Hasan, Bambang juga masuk dalam daftar mutasi SK Nomor Kep/851/VII/2024 ini. Dengan demikian, pangkat resmi keduanya saat berita ini ditulis masih mayjen. 

Di antara tiga nama lulusan Akmil 93 ini, Widi sosok pertama sukses menembus pangkat letjen. Mantan ajudan Presiden Joko Widodo tersebut mengoleksi tiga bintang emas seiring promosinya pada Desember 2023.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network