Ini Cara Praktis Memberikan ASI Eksklusif bagi Ibu Bekerja dengan Pompa ASI Spectra

Ahmad Antoni
Manfaat menyusui eksklusif sangat besar bagi ibu dan bayi. (Ilustrasi/IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - ASI eksklusif adalah pemberian Air Susu Ibu tanpa tambahan makanan atau minuman lain, kecuali obat dan vitamin yang diresepkan dokter, selama enam bulan pertama kehidupan bayi. 

Manfaat menyusui eksklusif sangat besar bagi ibu dan bayi. Dengan bantuan teknologi seperti pompa ASI elektrik dari Spectra Baby Indonesia, ibu yang sibuk tetap dapat memberikan ASI eksklusif secara efektif dan efisien.

ASI menyediakan semua nutrisi yang diperlukan bayi untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Komposisi ASI menyesuaikan dengan kebutuhan bayi pada setiap tahap perkembangannya. 

Kolostrum, ASI pertama yang keluar setelah melahirkan, kaya akan antibodi yang penting untuk sistem kekebalan tubuh bayi. Dalam beberapa hari, ASI berubah menjadi lebih kaya akan lemak dan gula yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi.

“ASI eksklusif dapat menurunkan risiko bayi terkena berbagai penyakit seperti infeksi telinga, penyakit pernapasan, dan diare. ASI mengandung antibodi dan enzim yang membantu melawan bakteri dan virus,” kata CEO Spectra Indonesia, Teddy Wirawan dalam keterangannya, Selasa (13/8).

Menurutnya, menyusui juga dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 1 dan tipe 2, serta obesitas di kemudian hari. Bagi ibu, menyusui mengurangi risiko kanker payudara dan ovarium, serta membantu mengontrol berat badan pasca melahirkan. 

“Kontraksi yang dipicu oleh hormon oksitosin selama menyusui juga membantu mempercepat pemulihan rahim setelah melahirkan,” jelasnya.

Menyusui tidak hanya memberikan nutrisi, tetapi juga membangun ikatan emosional yang kuat antara ibu dan bayi. Kontak fisik yang intens dan produksi hormon oksitosin selama menyusui meningkatkan rasa kedekatan dan cinta antara ibu dan bayi. Ikatan ini penting untuk perkembangan emosional bayi dan kesejahteraan ibu.

ASI selalu tersedia dengan suhu yang tepat, sehingga lebih praktis dibandingkan susu formula. Menyusui menghemat biaya karena tidak perlu membeli susu formula, botol, atau perlengkapan lainnya. ASI juga tidak memerlukan persiapan khusus seperti susu formula yang harus dicampur dan dipanaskan terlebih dahulu.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network