Viral! Hutan di Bawah Air Labuan Cermin Kaltim Sangat Luar Biasa, Satu-satunya di Indonesia 

Vien Dimyati
Viral hutan di bawah air di Kalimantan Timur sangat luar biasa. Foto: Instagram

Dia melanjutkan, "Berarti buayanya sudah tidak ada, ya? Benar, sudah tidak ada. Buaya tidak bisa masuk ke area kita beraktivitas karena ada pembatas atau pagar yang dibuat oleh warga Labuan Cermin untuk mencegah buaya masuk ke area inti Labuan Cermin."

Labuan Cermin dikenal unik karena keistimewaan airnya yang jernih hingga ke dasar danau. Keunikan lainnya adalah air danau ini memiliki dua rasa, yaitu asin dan tawar. Sekitar tiga meter di permukaan rasanya tawar, sementara mulai dari kedalaman tiga meter ke bawah, air Labuan Cermin terasa asin.

Pemandangan sekitar Danau Labuan Cermin sangat menenangkan dengan pepohonan rimbun yang menciptakan suasana teduh. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, snorkeling, dan menyelam. 

Dengan kacamata snorkeling, Anda bisa melihat beberapa ikan berenang di dekat permukaan, serta ikan yang lebih dalam di dasar danau.

Perbedaan rasa air menyebabkan ikan-ikan terpisah. Fenomena ini diduga terjadi karena adanya celah yang memungkinkan air laut masuk saat pasang.

Namun, karena perbedaan berat jenis air, air asin berada di bagian bawah sementara air tawar berada di atas. Meskipun terlihat dangkal, kedalaman danau ini sebenarnya mencapai sekitar empat hingga lima meter, jadi tetaplah waspada.

Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Untuk mencapainya, Anda dapat melakukan perjalanan darat sekitar 6 hingga 7 jam dari Ibu Kota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb. 

Selamat berkunjung!
 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network