Menjadikan Kampoeng Kelor sebagai Pusat Edukasi dan Wisata Terkemuka yang Menginspirasi

Wisnu Wardhana
Pengembangan kelor ini terus berlanjut di Kampoeng Kelor. (Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Keajaiban kelor lebih dari sekedar tanaman, di balik daun hijaunya, tersimpan potensi luar biasa untuk kesehatan, ekonomi, dan lingkungan. Moringa atau biasa dikenal kelor termasuk salah satu tanaman perkebunan berpotensi bisnis cukup luas. 

Daun kelor tidak dijual sebagai bahan baku mentah di pasar tradisional, tapi dapat dipasarkan dalam beragam jenis produk turunan seperti minuman, makanan, produk kesehatan dan produk kecantikan alami. 

PT Indo Nafaz Group siap sebagai distributor eksklusif untuk pengembangan ekspor produk Moringa yang diproduksi oleh PT Moringa Organik Indonesia. Selain untuk memperkenalkan keajaiban tanaman ini, mendukung peningkatan perekonomian masyarakat di Indonesia, meningkatkan devisa negara.

PT Moringa organik Indonesia (MOI) ini menggeluti bisnis kelor sejak 2010, berhasil ekspor ke Eropa melalui Jerman, Jepang, Malaysia, Kanada,dan lainnya. Bahkan kami telah memproduksi secara organik dan sudah diakui oleh CERES-German seluas 25 hektare,” kata Aki Dudi, Pemilik PT MOI, yang akrab dipanggil Aki Pangebon Kelor. 

Tanaman kelor yang dikelola Aki Dudi sudah memiliki sertifikat organik, proses pengeringan sesuai dengan ISO dan HACCP. “Semuanya kami terapkan dalam SOP budidaya dan pengolahan daun kelor Moringa Organik Indonesia,” kata Aki dalam keterangannya, Minggu (29/9). 

Untuk menjaga keberlangsungan atau keberlanjutan produk kelor dibutuhkan ketersediaan bahan baku yang memadai dan terjamin. Saat ini luas kebun kelor yang berafiliasi dengan MOI sekitar lebih dari 200 hektare. Area kebun tersebar di Blora seluas tiga hektare, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Tengah. 

Pengembangan sudah sampai ke Tasik itu kebun inti ada 2 ha dan kebun plasma direncanakan bertahap 10 ha, 25 ha dan 50 ha. Demikian juga di Kawasan Boyolali, yang lebih mengutamakan pemberdayaan petani yang mengelola lahan milik Lanud Adi Soemarmo. 

Dengan adanya ketersediaan produk yang sustainable dan berkualitas, maka Komisaris PT Indo Nafaz Group, Retno Wijayanti, berkomitmen supaya produk ini dapat dinikmati seluruh dunia. 

“Setiap kandungan yang ada pada kelor, jika dikelola dengan benar seperti SOP dari PT MOI, maka ini akan menjadi sama seperti gingsengnya Korea, yang mendunia”, ujar Retno.

“Saya pertama kali mengenal kelor di Komunitas Rotary Club Kudus Srikandi, yang mempunyai program pencegahan Stunting dengan konsumsi daun kelor. Karena ketertarikan dengan manfaat dari kelor ini, hingga dipertemukan dengan Bapak Ai Dudi Krisnadi pemilik PT MOI”, jelas wanita yang akrab disapa Nana ini.

Pengembangan kelor ini terus berlanjut di Kampoeng Kelor yang ada di Kawasan Bandara Adi Soemarmo, dikelola dengan apik oleh PT MOI “Kami mengelola Pusat Pembelajaran Moringa Organik Indonesia, sampai saat ini sudah melatih lebih dari 1.000 orang, termasuk generasi muda,” ujar Dudi. 

Menjadikan Kampoeng Kelor sebagai pusat edukasi dan wisata terkemuka yang menginspirasi masyarakat untuk menanam, memanfaatkan, dan menghargai tanaman kelor, berkontribusi pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan bangsa, serta mendukung tercapainya Indonesia Emas 2045, visi yang luar biasa disampaikan oleh Aki Pangebon Kelor.

Pada tanggal 14 September 2024, tepat sebagai Hari Kelor sedunia, diadakan Festival Kelor di kampoeng Kelor, dengan rangakian acara seminar workshop, Cooking Class, Stand Bazar berbagai kreasi makanan dan minuman dari kelor, hingga diadakan Lomba Kreasi Kuliner. Dalam kesempatan ini PT Indo Nafaz Group berpartisipasi membagi 50 bibit tanaman kelor kepada peserta Festival, untuk mendukung kebun Kelor ada di pekarangan warga.

Direktur PT Indo Nafaz Group, Faza memberikan langsung kepada peserta Festival Kelor saat acara berlangsung. “Rugi jika Masyarakat Indonesia khususnya warga Jawa Tengah tidak berkunjung ke Kampoeng Kelor PT Moringa Organik Indonesia”, tegas Faza. Karena akan mendapatkan ilmu tentang budidaya dan pengolahan tanaman ajaib ini, serta bisnis dan jejaring pasar. “Kampoeng Kelor ini menjadi rumah para keloris,” ujarnya.

Kerjasama pembudidayaan, pengolahan dan pemasaran Kelor antara PT Moringa Organik Indonesia dan PT Indo Nafaz Group, ditandai dengan komitmen bersama mengedepankan kualitas produk dan excellent service, sesuai dengan implementasi visi dan misi kami. Kelor untuk Indonesia, meningkatkan kesehatan, dan kesejahteraan Indonesia.

Kelor Indonesia siap ekspor. PT Indo Nafaz Group siap membawa Kelor olahan PT MOI  di Trade Expo Indonesia, ke- 39 yang akan diadakan pada tanggal 9 – 12 Oktober 2024 di ICE BSD Tangerang, yang pasti akan dipenuhi para buyer dari Luar Negeri untuk mengenal komoditas ekspor di Indonesia dan siap bekerja sama. Pada kesempatan pameran tersebut selain kelor, PT Indo Nafaz group juga akan siap ekspor kopi dan coconut sugar (gula kelapa).
 

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network