2. Gunakan Channel Penjualan Resmi
Untuk menghindari penipuan, gangguan sistem, atau adanya biaya jasa yang tidak wajar, pastikan pemesanan tiket Lebaran melalui channel resmi KAI seperti aplikasi Access by KAI yang bisa diunduh di Android atau App Store, website kai.id, dan Contact Center KAI di (021)121. Selain itu calon penumpang juga bisa membeli tiket melalui mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI.
3. Pastikan Koneksi Internet Stabil
Sebelum memesan tiket secara online, pastikan koneksi internet stabil. Hal ini agar proses pemesanan berlangsung lancar dari awal hingga tiket berhasil didapat. Biasanya terjadi lonjakan jumlah pengunjung ke channel-channel online pada momen Lebaran ini. Untuk itu KAI juga telah mengantisipasinya dengan menambah kapasitas server dan bandwidth untuk mengakomodir hal tersebut.
4. Lebih Teliti dalam Menginput Tanggal, Rute, atau Data Diri Penumpang
Agar calon penumpang untuk lebih teliti dalam menginput tanggal, rute, atau data diri penumpang saat melakukan pemesanan. Sebaiknya semua data diri tersebut sudah di ketik di laptop atau ponsel, sehingga tinggal meng-copy paste-kan saja ke formulir pemesanan tiket online. Dengan begitu, tidak perlu repot lagi untuk mengetik ulang satu per satu dan bisa menghemat waktu.
5. Siapkan Rute dan Tanggal Alternatif
Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan. Misalnya jika rute Semarang menuju Jakarta habis, bisa memesan jalur Semarang-Tegal atau Semarang-Cirebon terlebih dahulu, lalu diteruskan dari Tegal maupun Cirebon menuju Jakarta yang memiliki perjalanan KA lebih banyak. Pastikan waktu antarkereta tidak telalu dekat agar tidak tertinggal jadwal kereta lanjutan. Selain itu, coba sesuaikan tanggal bepergian untuk menghindari keberangkatan di tanggal-tanggal favorit.
6. Cek Ketersediaan Tiket Secara Berkala
KAI menyediakan layanan pembatalan dan pengubahan jadwal baik di aplikasi Access by KAI maupun di stasiun. Oleh sebab itu, apabila ada tiket yang dibatalkan atau diubah jadwalnya, maka tiket lama tersebut akan muncul kembali ke sistem ticketing untuk dijual kembali kepada masyarakat melalui seluruh channel penjualan KAI.
Editor : Ahmad Antoni
Artikel Terkait