Penerapan Face Recognition di Stasiun Efektif, KAI Daop 4 Hemat 2.630 Rol Kertas Tiket dalam 8 Bulan

Ahmad Antoni
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang mencatat 1.051.945 pelanggan kereta api telah memanfaatkan fasilitas Face Recognition (FR) di sejumlah stasiun selama 8 bulan. Foto: Istimewa

SEMARANG, iNewsSemarang.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang mencatat 1.051.945 pelanggan kereta api telah memanfaatkan fasilitas Face Recognition (FR) di sejumlah stasiun wilayahnya sepanjang Januari hingga Agustus 2025.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menjelaskan, pemanfaatan teknologi ini terus meningkat dan menunjukkan kesadaran pelanggan semakin tinggi untuk menggunakan layanan FR yang lebih cepat, efisien, dan ramah lingkungan.

“Dengan adanya FR, pelanggan tidak perlu lagi mencetak boarding pass. Cukup melakukan validasi wajah di perangkat FR, pelanggan dapat langsung menuju peron atau naik kereta. Selain praktis, fasilitas ini juga berkontribusi dalam mengurangi penggunaan roll kertas,” jelas Franoto, Rabu (10/9).

Franoto menyebutkan, selama 8 bulan berarti KAI Daop 4 Semarang berhasil menghemat 2.630 rol kertas tiket dengan nilai efisiensi sekitar Rp38.829.920.

Fasilitas FR saat ini tersedia di empat stasiun Daop 4, seperti Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal, dan Stasiun Pekalongan.

Stasiun Semarang Tawang menjadi stasiun dengan penggunaan FR terbanyak yaitu 466.525 pelanggan, disusul Semarang Poncol 247.239 pelanggan, Tegal 171.712 pelanggan, dan Pekalongan 166.469 pelanggan.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network