get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu: Zulkifli Hasan Terbukti Langgar Administrasi Pemilu

Jabat Menteri untuk Kedua Kalinya, Berikut Profil dan Biodata Zulkifli Hasan

Rabu, 15 Juni 2022 | 15:47 WIB
header img
Profil dan Biodata Zulkifli Hasan (Foto: Istimewa)

 

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Wakil Ketua MPR RI 2019-2024 Zulkifli Hasan resmi masuk kabinet Indonesia Maju pada reshuffle yang digelar hari Ini, Rabu (15/6/2022). Sebelumnya, pria yang akrab disapa Bang Zul ini juga pernah menjabat sebagai Menteri Kehutanan Periode 2009-2014 pada masa pemerintahan SBY. 

Kini profil dan biodata Zulkifli Hasan tengah santer menjadi sorotan setelah ditetapkan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi. Ia merupakan politisi yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia politik Tanah Air.  

Maka dari itu, tidak heran jika Zulhas dipanggil Jokowi ke Istana dan menjadi calon pengganti di perombakan kabinet. Dilansir iNews.id dari laman resmi DPR RI, berikut ini adalah profil lengkap Zulkifli Hasan lengkap dengan kiprah karier dan politiknya.

 

Profil Zulkifli Hasan 

Zulkifli Hasan dikenal sebagai tokoh yang sukses di bidang politik maupun dunia bisnis. Ia merupakan putra asli daerah Penengahan, Lampung Selatan, dan menghabiskan masa kecil di sana. 

Pria yang akrab disapa Bang Zul ini telah bekerja keras sejak usia muda dengan dengan berjualan telur guna membantu perekonomian keluarga. Setelah lulus dari Sekolah Dasar, Ia lalu masuk lembaga Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN). Namun, hal itu ternyata bertolak belakang dengan keinginan Zulkifli Hasan. 

Zulkifli lantas diam-diam meninggalkan kampung halaman dan mulai merantau ke Jakarta hingga kemudian bersekolah di SMA Negeri 53 Jakarta. Setelah selesai, Ia pun melanjutkan pendidikannya di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana (Unkris) dan lulus pada tahun 1996. 

Setelah bekerja dan memiliki beberapa jabatan strategis di berbagai lembaga, Ia lalu terjun ke dunia politik dan bergabung bersama Partai Amanat Nasional (PAN). Zulkifli Hasan pernah menjadi Ketua Lembaga Buruh Tani dan Nelayan PWM DKI pada tahun 2000. 

Dalam kiprah politiknya, Zulkifli Hasan juga pernah menduduki beberapa posisi struktural seperti Ketua Departemen Logistik DPP PAN tahun 2000-2005, Wakil Ketua Fraksi PAN DPR RI tahun 2004-2009, Sekjen Dewan Pimpinan PAN Pusat tahun 2005-2010, hingga menjabat sebagai Menteri Kehutanan RI tahun 2009-2014 pada masa Presiden SBY. 

Setelah turun dari jabatan menterinya, Zulkifli Hasan sempat sebagai Ketua MPR RI periode 2014-2019. Hingga akhirnya, saat ini dirinya menjadi Wakil Ketua MPR RI dan juga Ketua Umum PAN keempat.

Kini, Zulkifli Hasan diangkat menjadi menteri di kabinet Jokowi. Untuk itu, ia telah menyiapkan satu nama untuk menggantikan posisinya sebagai wakil ketua MPR periode 2019-2024. 

Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Pakar DPP PAN, Drajad Wibowo saat dikonfirmasi ihwal pengganti Zulhas di kursi pimpinan MPR. 

"Sudah disiapkan Bang Zul siapa yang menggantikannya nanti," kata Drajad, Rabu (15/6/2022). 

Kendati demikian, Drajad belum mau mengungkap siapa sosok calon yang akan menduduki kursi pimpinan MPR nanti. Menurutnya, hal itu merupakan kewenangan penuh dari Zulhas selaku ketua umum partai.

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut