get app
inews
Aa Read Next : Kapan Lebaran Idul Adha 2024? Ini Versi Muhammadiyah

Perjalanan Nyantri Kyai Sholeh Darat, Waliyullah Guru Pendiri NU dan Muhammadiyah

Rabu, 13 Juli 2022 | 06:40 WIB
header img
Haul Waliyulloh Kyai Sholeh Darat di pemakaman Bergota Semarang. Foto Sindonews/Ahmad Antoni

SEMARANG. iNewsSemarang.id - Kyai Sholeh Darat adalah seorang Waliyullah asal Tanah Jawa yang terkenal, yang merupakan guru dari Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari dan KH Ahmad Dahlan, dua tokoh pendiri ormas keagamaan terbesar di Indonesia, NU dan Muhammadiyah. Makamnya berada di komplek pemakaman Bergota kota Semarang.

Beliau memiliki nama asli Muhammad Sholeh ibn Umar al Samarani. Kiai Sholeh Darat lahir di Desa Kedung Jumbleng, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sekitar tahun 1820/1235H.

Dalam kitab-kitab yang ditulisnya, Mbah Sholeh Darat sering menggunakan nama Syekh Haji Muhammad Shalih ibn Umar al Samarani. Demikian dikutip dari laman Laduni, Rabu (13/7/2022).

Pemberian nama Darat disematkan kepada Kiai Sholeh karena tinggal di kawasan dekat pantai utara Kota Semarang, yakni tempat berlabuhnya orang-orang dari luar Pulau Jawa.

Kini nama Darat tetap lestari dan dijadikan prasasti nama kampung, Nipah Darat dan Darat Tirto. Saat ini kampung Darat masuk dalam wilayah Kelurahan Dadapsari, Kecamatan Semarang Utara.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut