get app
inews
Aa Read Next : Banjir Rusak 10 Bangunan di Bantaran Sungai BKT Semarang, Ini Rinciannya

Universitas Indonesia Nobatkan Semarang sebagai Kota Terbaik di Indonesia

Jum'at, 22 Juli 2022 | 08:29 WIB
header img
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menerima penghargaan dari Universitas Indonesia, Kamis (21/7/2022). Foto: Istimewa

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Pembangunan Kota Semarang terus mendapat perhatian dari berbagai pihak. Bahkan, Ibu kota Jawa Tengah yang dipimipin Wali Kota Hendrar Prihadi ini selalu menjadi yang terbaik di Indonesia dalam berbagai penilaian.

Predikat-predikat seperti Pelayanan Publik Terbaik dari KemenPAN-RB, Kota Pembangunan Terbaik dari Bappenas RI, hingga Kota Mahasiswa Terbaik dari UNJ adalah sebagian apresiasi yang telah didapatkan. Terbaru, Universitas Indonesia pun turut menetapkan Kota Semarang sebagai kota terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian UI Green Metric.

Penilaian ini dilakukan dengan mencakup 6 variabel. Yakni soal penataan ruang, tata kelola air, tatak kelola sampah/limbah, penggunaan energi terbarukan, manajerial akses mobilitas, dan tata pamong/pemerintahan.

Dari hasil pemeringkatan penilaian yang dilakukan, Kota Semarang kemudian berhasil menduduki peringkat pertama dengan penilaian tertinggi pada penataan ruang dan infrastruktur. Sehingga kemudian Kota Semarang dinobatkan sebagai yang terbaik mengungguli daerah-daerah lain di Indonesia seperti kota administrasi Jakarta Selatan, Kota Parepare, Kota Madiun, Kota Padang, dan Kota Kediri.

Secara detail, Ketua UI Green Metric, Prof. Dr. Riri Fitri Sari, M.Sc., MM, menjelaskan jika pemeringkatan dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan Hidup, Ekonomi, dan Sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Penataan Ruang dan Infrastruktur (16 persen), Energi dan Perubahan Iklim (19 persen), Tata Kelola Sampah dan Limbah (19 persen), Tata Kelola Air (15 persen), Akses dan Mobilitas (16 persen), Tatapamong/Governance (15 persen).

Riri melanjutkan, UI Green Metric tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran Kabupaten/Kota terhadap keberlanjutan, namun mendorong seluruh masyarakat Kabupaten/Kota di Indonesia agar turut mendukung segala bentuk upaya peningkatan Kabupaten/Kota yang hijau dan berkelanjutan dengan endorsement dari pihak Kementerian.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut