get app
inews
Aa Read Next : Begini Cara PSSI Lindungi Pemain Timnas Indonesia dari Hujatan Netizen

Kiat-kiat Terhindar dari Bahaya Berita Hoax di Media Sosial

Selasa, 02 Agustus 2022 | 13:47 WIB
header img
Stop berita hoax menyebar di sekitar kita. Foto: m.kominfo.go.id

JAKARTA, iNewsSemarang.id- Bijak bermedia sosial adalah suatu keharusan, karena tidak semua informasi jelas kredibilitasnya. Penting sekali memfilter berita yang kredibel dengan berita yang belum bisa dibuktikan kebenarannya (hoax).

Melihat maraknya peredaran berita hoax di media sosial, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kemudian menggalakkan literasi digital dengan harapan masyarakat mengakses dunia digital sebagai ruang interaksi yang aman. Sehingga masyarakat dapat mencover kebutuhannya untuk melakukan interaksi di media sosial dengan literasi digital.

Agar terhindar dari bahaya berita hoax, ada beberapa kiat-kiat yang harus diperhatikan menurut Puji F Susanti untuk menangkis berita hoax.

"Untuk memahami maksud berita yang tersaji dalam media sosial, kita harus membacanya secara keseluruhan. Tidak hanya terbatas pada judulnya saja. Kemudian cek sumber berita tersebut, bahkan jika perlu dikomparasikan dengan sumber berita yang lain untuk memastikan kebenarannya. Dan yang lebih penting, pahami copyright dan hak cipta agar tidak terkena plagiasi ketika hendak mengutip tulisan orang," terang Puji pada webinar Budaya Membaca dan Kritis di Media Sosial yang dikutip dari inews.id Senin (1/8/2022).

Puji menekan kan urgensi dari budaya membaca dan kritis bermedia sosial agar pengguna media sosial memahami dengan benar kaitannya tentang copyright dan hak cipta. "Memilah dan mempercayai berita yang dibaca harus diperhatikan, sehingga seseorang tidak dengan mudah membagikan konten orang lain di media sosial," pungkasnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut