get app
inews
Aa Read Next : Apakah Kurma Aman untuk Pengidap Diabetes? Berikut Penjelasannya

Manfaat Seledri untuk Penderita Diabetes, Jaga Gula Darah Stabil Hingga Atasi Peradangan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:44 WIB
header img
3 manfaat konsumsi seledri bagi penderita diabetes. Foto: freepik

ADA beberapa manfaat Seledri untuk penderita diabetes. Tanaman dengan nama ilmiah Apium graveolens atau dikenal Seledri diketahui memilik kandungan serat dan antioksidan yang sangat berguna untuk mengobati penyakit diabetes.

Terlebih di bagian batangnya ini mengandung kalori, karbohidrat maupun indeks glikemik yang rendah.

Kandungan gizi yang terdapat pada seledri bagus untuk mengontrol metabolik, terlebih bagi penderita diabetes. Berikut manfaat lain seledri:

1. Menjaga Gula darah Tetap Stabil

Penderita diabetes dengan gangguan produksi dan respon hormon insulin membuatnya tidak dapat mengkonsumsi sembarang makanan, karena membuat penderita mudah mengalami lonjakan kadar gula darah (glukosa) yang dapat membahayakan tubuh.

Agar gula tetap stabil, penderita diabetes perlu mengkonsumsi indeks glikemik (GI) rendah. Menurut Kemenkes RI, indeks glikemik adalah indikator kecepatan unsur karbohidrat suatu bahan pangan dalam meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Seledri sendiri memiliki kadar glikemik dan karbohidrat dalam jumlah kecil serta tinggi serat. Sehingga bermanfaat memperlambat proses pencernaan, menunda penyerapan gula darah, serta membantu menstabilkan kadar gula darah penderita diabetes.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dilansir dari Food and Drug Administration, Amerika Serikat. Dua batang seledri berukuran sedang mengandung sekitar 15 kalori dan dua gram serat. 

Jurnal Annals of Internal Medicine, mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan kaya serat, seperti seledri, berguna membantu menurunkan berat badan.

3. Membantu Mengatasi Peradangan pada Penderita Diabetes

Penderita diabetes seringkali mengalami Stres oksidatif (keadaan ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan) yang merusak sel dan jaringan, sehingga menyebabkan peradangan yang jika terjadi dalam jangka panjang dapat memperburuk penyakit diabetes.

Batang seledri mengandung senyawa antioksidan bernama luteolin. Menurut riset yang diterbitkan jurnal Planta Medica, luteolin dapat menghambat produksi COX-2, yaitu enzim pemicu peradangan. Untuk memperoleh efek positif tersebut, seledri bisa dikonsumsi lengkap, yaitu batang beserta daunnya.

Sebuah penelitian yang dirilis melalui jurnal Lebensmittel-Wissenschaft & Technologie (LWT) – Food and Science Technology, menemukan bahwa kandungan antioksidan seledri yang dikukus dapat bertahan sekitar 83-99 persen. Sementara, antioksidan seledri dapat menghilang sekitar 38-41 persen ketika direbus.

Selain itu, manfaat daun dan batang seledri untuk penderita diabetes bisa diperoleh juga dengan mengolahnya sebagai jus. Disarankan, diabetesi mengonsumsi satu gelas jus seledri berbobot 16 ons. Jus seledri diminum setiap pagi, selama sepekan penuh.

Itulah beberapa manfaat seledri untuk penderita diabetes. Semoga bisa menambah wawasan dan berguna khususnya bagi Anda atau kerabat yang saat ini sedang menderita penyakit diabetes.

(Mg-Awal)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut