get app
inews
Aa Read Next : Dilantik Jadi Anggota DPRD Kendal Termuda, Iqbal Berkomitmen Jaga Moralitas Bangsa

Ikuti Sidang Tahunan MPR, Ketua DPRD Kendal Siap Sinkronkan Kebijakan Pusat di Daerah

Selasa, 16 Agustus 2022 | 20:52 WIB
header img
Ketua dan pimpinan DPRD bersama dengan Bupati dan Wakil Bupati beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Kendal. (Foto: DPRD Kendal)

KENDAL, iNewsSemarang.id – Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun mengajak seluruh jajarannya dan penyelenggara pemerintahan di Kabupaten Kendal untuk menindaklanjuti arahan yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo terkait situasi di tanah air.

Hal itu disampaikan saat menggelar sidang paripurna istimewa dengan agenda mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI di Gedung Paripurna DPRD Kendal, Selasa pagi (16/8/2022).

“Banyak intisari yang bisa kita ambil dari apa yang di sampaikan oleh Presiden RI, Bapak Joko Widodo. Baik terkait kondisi nasional maupun internasional. Tentunya kami di daerah Kabupaten Kendal harus benar-benar mencermati dan menindaklanjuti apa yang menjadi pesan-pesan Presiden Republik Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengajak masyarakat untuk menumbuhkan semangat optimisme membangun Kendal yang lebih baik lagi. Dikatakannya, Indonesia yang saat ini telah mampu melewati pandemi Covid-19 dan mampu menahan inflasi menjadi harapan bagi percepatan pertumbuhan ekonomi di tanah air.

“Artinya kita memang harus bangun optimisme, dan harus pulih lebih cepat bangkit lebih kuat. Kemudian, pada prinsipnya visi misi yang disampaikan oleh pak Presiden RI ini harus bisa diterjemahkan ke daerah, sehingga pembangunan kita terintegrasi dengan pembangunan yang ada di Pemerintah Pusat,” kata Bupati.

Sidang Tahunan MPR bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 dilangsungkan di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). Sidang tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma’ruf Amin serta jajaran menteri kabinet lainnya.

Sementara, para peserta sidang paripurna istimewa di DPRD Kendal mengikutinya melalui siaran langsung yang ditayangkan dalam layar lebar di depan ruangan. 

Dalam pidato kenegaraannya, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Setelah negara-negara di seluruh dunia terdampak pandemi Covid-19, saat ini dihadapkan pada krisis global akibat konflik Rusia dan Ukraina. 

Meskipun demikian, di tengah permasalahan tersebut bangsa Indonesia bisa bangkit dari pandemi. Tak hanya itu, dengan memegang Presidensi G20 saat ini Indonesia memainkan peranan penting di tengah percaturan global. 

“Ditengah tantangan yang berat ini, kita patut bersyukur karena negara kita berhasil mengendalikan pandemi. Inflasi juga berhasil dikendalikan 4,9 persen. Ini jauh di atas inflasi negara negara Asean diatas sekitaran tujuh persen. Oleh karena itu sejumlah Rp. 502 Triliun Pemerintah beri subsidi untuk bbm, elpiji, listrik,” ujar Presiden.

Menutup pidatonya, Presiden Joko Widodo mengingatkan agar bangsa Indonesia senantiasa waspada, hati-hati, dan siaga. Menurutnya, krisis demi krisis masih menghantui dunia dan geopolitik dunia mengancam keamanan kawasan. 

Sidang paripurna istimewa yang digelar DPRD Kendal tersebut dihadiri Ketua DPRD Kendal beset yang seluruh jajaran pimpinan dan anggota, Bupati dan Wakil Bupati Kendal, Forkopimda, dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/Kantor/Instansi/BUMD.

Editor : Rizqa Leony PutriMPI Marketing

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut