get app
inews
Aa Read Next : Doa Mustajab Bebas dari Jeratan Utang yang Diajarkan Rasulullah

Mustajab, Begini Doa Orang Teraniaya Lengkap dengan Terjemahannya

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 16:12 WIB
header img
ilustrasi/ist

Salah satu dari doa mustajab adalah doanya orang yang teraniaya. Pasalnya, doa orang yang terzalimi akan didengarkan oleh Allah Swt.

Secara kebahasaan, zalim menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) artinya tindakan yang bengis, tidak menaruh kasihan, tidak adil dan kejam. Sedangkan kezaliman adalah kata kerja sebagai bentuk tindakan menindas, dan menganiaya, serta bertindak sewenang-wenang.

Tindakan zalim sangat melekat pada raja-raja yang menentang ajaran tauhid yang dibawa para nabi. Di zaman nabi Musa AS, ada Raja Firaun yang terkenal sangat kejam, dan membunuh banyak bayi laki-laki.

Dan terbukti, doa Nabi Musa AS diijabah oleh Allah SWT. Musa bisa membelah lautan dengan memukulkan tongkat. Dan Firaun pun tenggelam bersama bala tentaranya di Laut Merah saat menyeberang lautan.

Di masa sekarang, terkadang, hal-hal kecil tanpa disadari ternyata adalah perbuatan zalim. Seperti iri dengki, membicarakan aib orang lain dan mengumbar keburukan saudara muslim bisa dikategorikan sebagai perbuatan dzalim.

Kezaliman adalah perbuatan yang sangat tercela dan dibenci Allah SWT. Dan, kepada siapapun yang didzalimi orang lain, doanya akan langsung diijabah.

Allah SWT berfirman dalam surat An Naml ayat 62.

 

اَمَّنْ يُّجِيْبُ الْمُضْطَرَّ اِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوْۤءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاۤءَ الْاَرْضِۗ ءَاِلٰهٌ مَّعَ اللّٰهِ ۗقَلِيْلًا مَّا تَذَكَّرُوْنَۗ

"Amman yujiibul mudhtharra idzaa da’aahu wayaksyifussuu- "Amman yujiibul mudhtharra idzaa da’aahu wayaksyifussuu-a wayaj’alukum khulafaa-al ardhi ailahun ma’allahi qaliilaa maa tadzakkaruun(a)."a wayaj’alukum khulafaa-al ardhi ailahun ma’allahi qaliilaa maa tadzakkaruun(a)."

Artinya : “ Bukankah Dia (Allah) yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila dia berdoa kepada-Nya, dan menghilangkan kesusahan dan menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah (pemimpin) di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Sedikit sekali (nikmat Allah) yang kamu ingat. (QS An Naml ayat 62).

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut