get app
inews
Aa Read Next : Mustajab, Begini Doa Orang Teraniaya Lengkap dengan Terjemahannya

Doa Mustajab Bebas dari Jeratan Utang yang Diajarkan Rasulullah

Rabu, 10 Mei 2023 | 23:09 WIB
header img
Melunasi utang hukumnya wajib. Selain berikhtiar, Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk berdoa agar diberikan kemudahan melunasi utang. Ilustrasi: Shutterstock

Dalam Islam, melunasi utang hukumnya wajib. Bahkan seseorang tidak bisa masuk surga gara-gara utang. Rasulullah mengajarkan umatnya doa bebas utang, yakni agar dijauhkan dari utang atau jika memiliki tanggungan utang agar dimudahkan melunasinya.

Doa mustajab agar dimudahkan melunasi utang ini dapat diamalkan kaum muslim, terlebih bagi yang sedang mengalami kesulitan. Selain ikhtiar, doa merupakan senjata kaum mukmin.

Ada beberapa doa yang diajarkan Rasulullah SAW agar umatnya terlepas dari jerat utang dengan izin Allah. Berikut doanya:

1. Doa Berlindung dari Jeratan Utang

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ

Allahumma innii a'uudzubika minal hammi wal khazani wa a'uudzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'uudzubika minal jubni wal bukhli wa a'uudzubika min gholabatid daiyni waqahrir rijaali.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari susah dan sedih, dari lemah dan malas, dari takut dan kikir, dikalahkan oleh utang dan penguasaan orang lain." (HR Abu Dawud 1330)

2. Doa Meminta Kemudahan Melunasi Utang

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummakifnii bihalaalika 'an haraamika wa aghninii bifadhlika 'amman siwaak.

Artinya: "Ya Allah, cukupkanlah untukku apa-apa yang Engkau halalkan dari apa-apa yang Engkau haram-kan, dan kayakanlah aku dengan kemurahan-Mu dari siapa saja selain-Mu." (HR at Tirmidzi 1820)

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut