get app
inews
Aa Read Next : Berikut Teks Khutbah Jumat Singkat Menyambut Bulan Rajab 2024

Contoh Khutbah Jumat tentang Fitnah Akhir Zaman Lengkap dengan Teks Arab dan Terjemahannya

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 09:34 WIB
header img
Masjid Agung Jawa Tengah. Foto dok MAJT

Seperti yang disabdakan Rasulullah SAW. Yang diriwayatkan dari imam baihaqi yang bersumber dari Sayyidina Ali Karamallahu wajhahu yang berbunyi:

يُوشِكُ أَنْ يَأْتِيَ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لا يَبْقَى مِنَ الإِسْلامِ إِلا اسْمُهُ , وَلا يَبْقَى مِنَ الْقُرْآنِ إِلا رَسْمُهُ , مَسَاجِدُهُمْ يَوْمَئِذٍ عَامِرَةٌ , وَهِيَ خَرَابٌ مِنَ الْهُدَى , عُلَمَاؤُهُمْ شَرُّ مَنْ تَحْتَ أَدِيمِ السَّمَاءِ , مِنْ عِنْدِهِمْ تَخْرُجُ الْفِتْنَةُ , وَفِيهِمْ تَعُودُ

Artinya secara bebas, akan datang kepada manusia, kata Nabi di akhir zaman nanti di mana Islam nanti hanya tinggal nama. Banyak orang mengaku dirinya muslim tapi tadi saya katakan bahwa kelakuannya tidak mencerminkan keislamannya. Dia mengaku sebagai seorang muslim, tapi selalu melanggar syariat-syariat yang sudah ditentukan baik oleh Allah maupun Rasul-Nya.

Tidak sedikit zaman sekarang orang di sana-sini mengaku dirinya adalah Islam, tapi maaf apa yang dia ucapkan tidak sesuai dengan apa yang dia lakukan. Sering kali benturan dengan fakta , kadang kala omongannya A di satu tempat ditempat yang lain B. Inilah yang menyebabkan semakin lama Islam akan semakin luntur, Islam hanya tinggal nama seperti kata Rasulullah SAW. Nah, dengan demikian marilah kita semua sebagai orang muslim, ya mudah-mudahan Allah menakdirkan kita betul-betul muslim bukan hanya sekedar nama orang muslim tapi juga kelakuannya betul-betul muslim sesuai apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Kita sangat prihatin dalam keadaan seperti sekarang, tidak sedikit saudara kita yang mengaku muslim tapi kelakuannya adalah mabuk-mabukan, berbuat zina, merampok, selalu menganggu orang lain. padahal semua ini dilarang di dalam Islam. Islam tidak mengajarkan demikian, apalagi melakukan dengan kekerasan. Islam bagaimanapun tetap mempunyai nilai rahmatan lil alamin, ini yang pertama yang disampaikan oleh Rasulullah SAW.

Yang kedua wala yabqo minal quran illa rasmuhu, Al Quran nanti akhir zaman hanya tinggal tulisan. Sekarang memang banyak orang muslim yang punya Al Quran, tapi juga banyak pula orang muslim yang tidak punya Al Quran. Banyak saudara kita yang bisa membaca Al Quran, tapi belum tentu mereka bisa mengamalkan apa yang ada di dalam Al Quran. Andaikata kita semua lari kembali kepada konsep Al Quran, dengan apa yang kita baca di dalamnya, lalu kita amalkan maka insyaallah hidup kita akan tenang, bahagia, selamat baik di dunia maupun di ahkirat.

Kenapa? Rasulullah SAW. pernah menyampaikan dalam sebuah hadis:

القرآن شَافِعٌ لأصْحَابِهِ

Al Quran sanggup memberikan syafaat, pertolongan kepada siapapun yang membacanya, baik itu berkaitan masalah di dunia maupun nanti di akhirat. Dengan demikian marilah melalui mimbar jumah ini kita biasakan untuk membaca Al Quran. Ditarget kalau bisa dalam satu bulan kita bisa mengkhatamkan Al Quran, syukur tiap hari jumat kita bisa mengkhatamkan Al Quran. Betapa dimanjakannya oleh Allah SWT orang yang membaca Al Quran. Sungguh sangat dimanjakan oleh allah.

Kita baru membaca alif lam mim, itu ada tiga huruf, tiga puluh kebaikan insyaallah diberikan Allah kepada kita. Lalu bagaimana kalau kita membaca sekian banyak surat dalam Al Quran. Syukur kalau kita bisa mengkhatamkan Al Quran begitu banyaklah pahala yang diberikan oleh Allah kepada kita. Namun maaf, bukan hanya sekedar kita baca, alangkah indah dan baiknya kalau kita bisa mengamalkan Al Quran.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut